Wah, Ternyata Bawang Putih Bisa Atasi Rambut Rontok

pertumbuhan-rambut-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Rambut merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki oleh setiap orang. Rambut sendiri berfungsi sebagai pelindung kepala dari sengatan matahari, debu, serta hawa dingin. Namun, selain itu semua, rambut juga menjadi salah satu penunjang dari penampilan. Maka tak heran jika setiap orang sangat menjaga betul kesehatan rambutnya.

Kendati sudah dijaga dan dirawat sedemikian rupa, faktanya masih saja ada berbagai macam permasalahan rambut yang sering menyerang. Adapun permasalahan tersebut mulai dari ketombe, rambut beruban, rambut kering, bercabang, dan yang paling menyebalkan, yaitu rambut rontok.

Ya, rambut rontok memang menjadi masalah yang cukup menyebalkan. Bagaimana tidak, masalah yang satu ini bisa membuat penampilan menjadi sangat buruk. Apalagi dalam waktu lama, rambut rontok bisa membuat kebotakan yang sangat sulit untuk dipulihkan.

Maka dari itu, diperlukan adanya upaya pencegahan serta penanganan sejak dini jika dirasa mengalami kerontokan. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rambut rontok, salah satunya menggunakan bawang putih. Memang terdengar sedikit aneh, tapi hal ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian.

Dilansir dari laman Boldsky, bawang putih saat ini tak hanya bisa digunakan sebagai bumbu dapur saja, tapi juga bisa diekstrak sebagai obat alami untuk segala macam keluhan. Adapun kandungan dari bawang putih yang bisa menyehatkan rambut mulai dari kalsium, sulfur, serta antioksidan. Seluruh kandungan itu bisa mencegah rambut rontok serta meningkatkan kesuburan rambut.

Tidak sampai di situ saja, bawang ptuih juga bisa merangsang produksi kolagen di dalam tubuh Anda sehingga pertumbuhan rambut akan menjadi normal walau terkena gangguan luar. Untuk mencegah bakteri, bawang putih memiliki sifat antimikroba yang menangkal segala jenis bakteri penyebab kerusakan pada kulit kepala.

Cara aplikasinya pun cukup mudah, Anda hanya memerlukan beberapa suing bawang putih dan minyak alami. Lalu, haluskan bawang putih tersebut dicampur dengan minyak dan diamkan beberapa saat. Saat sudah halus, maka oleskan pada rambut secara merata sambil dipijat secara halus. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih.

Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan agar rutin melakukan terapi ini, setidaknya 3 sampai empat kali dalam seminggu.