Terbit: 21 Desember 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar tentang diet bawang putih? Bawang putih umumnya digunakan sebagai salah satu bumbu utama berbagai masakan. Selain membuat masakan menjadi lebih sedap, ternyata Anda juga bisa melakukan diet dengan bawang putih. Bagaimana cara diet bawang putih untuk menutunkan berat badan? Simak penjelasannya berikut ini!

Diet Bawang Putih Ampuh Turunkan Berat Badan. Begini Caranya!

Kandungan Gizi Bawang Putih dan Manfaat untuk Kesehatan

Sebelum mengetahui cara diet bawang putih, Anda perlu mengetahui lebih dulu kandungan gizi yang ada dalam bawang putih. Bawang putih, selain sebagai bumbu masakan, juga dikenal sebagai salah satu bahan obat herbal yang dipercaya mampu memberikan asupan zat dengan sifat antiobiotik alami yang bisa menyembuhkan beberapa kondisi penyakit ringan, misalnya radang tenggorokan.

Bawang putih juga memiliki kandungan berbagai enzim yang dapat bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu, terdapat juga kandungan zat alicin dalam bawang putih. Senyawa yang satu ini mampu membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

Bawang putih juga memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, kalium, kalsium, zat besi, selenium, tembaga, dan fosfor. Kombinasi kandungan gizi yang ada dalam bawang putih membuat konsumsi bawang putih dapat mencegah berbagai penyakit.

Risiko penyakit seperti hipertensi, hiperkolesterolemia, dan penyakit kardiovaskular dapat menurun. Manfaat lain dari konsumsi bawang putih secara rutiun adalah terjaganya fungsi otak dan saraf.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Manfaat Bawang Putih untuk Diet

Selain mamiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Diet dengan bawang putih untuk menurunkan berat badan kini mulai banyak membuat masyarakat penasaran. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa diet bawang putih ternyata berpengaruh pada penurunan berat badan.

Diet bawang putih dapat membantu membakar lemak yang ada dalam tubuh. Pada tahun 2011, The Journal of Nutrition mempublikasikan sebuah penilitian tentang bawang putih yang dapat membantu membakar lemak. Penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak bawang putih dapat menurunkan berat badan wanita secara signifikan.

Selain itu, terdapat juga fakta bahwa beberapa jenis makanan yang dapat membakat lemak, menjadikan bawang putih sebagai salah satu bahan pelengkapnya. Maka dari itu, bawang putih dianggap sebagai salah satu pendukung penurunan berat badan.

Tata Cara Diet Bawang Putih

Diet bawang putih dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan mengonsumsi bawang putih secara langsung, mengonsumsi ekstraknya, atau bisa juga mecampurkannya dalam menu diet Anda sehari-hari. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang cara diet bawang putih:

1. Dikonsumsi langsung

Diet bawang putih untuk menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan mengonsumsi bawang putih secara langsung. Rasa bawang putih mungkin tidak menyenangkan bagi sebagian orang, tapi terdapat juga beberapa orang yang menyukainya. Jika tidak dapat mengonsumsi bawang putih secara langsung, Anda juga bisa mencampurkan bawang putih dengan bahan lainnya.

Beberapa ramuan bawang putih yang populer dan dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan adalah seperti bawang putih dengan madu, bawang putih dengan lemon, atau bawang putih dengan minyak zaitun. Selain mendapatkan manfaat dari bawang putih, Anda tentunya juga bisa mendapatkan manfaat dari bahan campurannya yang juga merupakan bahan alami.

2. Konsumsi ekstrak bawang putih

Ekstrak bawang putih sudah banyak tersedia di pasaran. Jika ingin diet bawang putih dengan konsumsi ekstrak bawang putih, maka cukup dengan megikuti petunjuk penggunaan suplemen ekstrak tersebut.

Cara ini lebih praktis dibandingkan dengan mengonsumsi bawang putih secara langsung, tapi tetap harus diperhatikan penggunaannya, terutama jika Anda sedang menjalani pengobatan tertentu.

3. Tambahkan ke masakan

Cara diet bawang putih yang ketiga adalah dengan menambahkan bawang putih ke dalam masakan. Tanpa sadar mungkin setiap hari kita mengonsumsi bawang putih, tetapi jumlahnya mungkin tidak terlalu banyak.

Anda bisa menambahkan lebih banyak bawang putih jika ingin menurunkan berat badan. Perlu diingat bahwa memasak bawang putih terlalu matang dapat menurunkan kadar gizinya, jadi lebih baik tidak memasaknya terlalu lama untuk menjaga nutrisinya.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Diet Bawang Putih

Setiap jenis diet untuk menurunkan berat badan memiliki aturan masing-masing agar dapat berjalan dengan efektif, begitu juga dengan diet bawang putih. Jika ingin berhasil menurunkan berat badan, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan diet dengan bawang putih!

1. Olahraga rutin

Diet dengan bawang putih tidak akan efektif jika Anda tidak melakukan olahraga secara rutin. Bawang putih membantu dalam proses pembakaran lemak dalam tubuh, tapi tentunya lemak tidak akan terbakar dengan sendirinya jika kita tidak beraktivitas. Konsumsi bawang putih dan olahraga secara rutin baru akan efektif untuk menurunkan berat badan.

2. Pola makan sehat

Selain berolahraga secara rutin, asupan makanan selama diet bawang putih juga tentunya harus diperhatikan. Jika tidak dibarengi dengan pola makan gizi seimbang, tentunya konsumsi bawang putih tidak akan berpengaruh dalam penurunan berat badan. Perhatikan dengan teliti nutrisi dan kalori yang masuk ke dalam tubuh selama menjalani diet.

3. Efek setiap orang berbeda

Diet yang sama tidak selalu memberikan efek yang sama pada orang yang berbeda. Cocok atau tidaknya jenis diet, bergantung pada metabolisme tubuh seseorang. Maka dari itu, jika sudah melakukan cara diet bawang putih dengan benar tapi hasilnya tidak juga terlihat, kemungkinan diet satu ini memang tidak cocok dengan tubuh Anda.

Itu dia sekilas informasi tentang bawang putih untuk diet dan tata caranya. Semohga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi