Bawang Merah Ternyata Juga Ampuh Merawat Kesehatan Kulit

doktersehat-bawang-merah-untuk-kesehatan-kulit
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Sejumlah bahan-bahan alami yang tersedia di dapur memang kerap dijadikan referensi untuk merawat kulit secara alami. Selain rempah-rempah, Anda juga dapat menggunakan sejumlah jenis bawang.

Sebut saja seperti bawang putih yang terkenal akan kandungan zat anti bakteri di dalamnya sehingga dapat mengatasi masalah jerawat. Selain bawang putih, ternyata Anda juga dapat menggunakan bawang merah. Apalagi bawang merah mampu menjadikan kulit lebih sehat, seperti berikut:

1. Menjadikan Kulit Lebih Bercahaya

Pemakaian produk yang mengandung bahan kimia secara berlebihan ternyata juga menjadikan kulit lebih cepat kusam. Apalagi jika Anda juga menghabiskan banyak waktu untuk beraktivitas di luar ruangan. Kendati demikian, hal tersebut dapat diatasi dengan cara yang aman dan mudah.

Anda hanya perlu menggunakan bawang merah yang mengandung vitamin A, C dan E di dalamnya. Dilansir dari laman Stylecraze, kombinasi ketiga vitamin tersebut dapat memperlambat proses penuaan kulit yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati. Mengaplikasikan ekstrak bawang merah pada kulit tentu akan menjadikan kulit lebih bercahaya.

2. Mencegah Jerawat

Selain menjadikan kulit tampak lebih bercahaya, bawang merah juga dapat mencegah masalah jerawat. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat antiseptik pada bawang merah yang ampuh membasmi bakteri, jamur dan virus yang dapat menyebabkan infeksi kulit. Selain itu, bawang merah juga dapat meredakan jerawat meradang dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan bahan alami lainnya. Tidak heran jika kulit juga akan terhindar dari breakout yang cukup parah.

3. Memudarkan Garis Halus

Bertambahnya usia tentu akan berimbas pada kondisi kulit. Tidak jarang Anda akan menemukan sejumlah garis halus di beberapa sudut wajah. Jika kondisi tersebut dibiarkan, bisa-bisa kulit akan dipenuhi dengan keriput dan mengendur. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan bawang merah untuk mengtasinya. Apalagi masker bawang merah dapat melancarkan peredaran darah yang juga menstimulasi proses pembentukan kolagen sehingga kulit tetap kencang.

Kendati bawang merah baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit, tidak ada salahnya untuk mengombinasikan ekstrak bawang merah dengan bahan lain. Apalagi, tidak semua orang tahan dengan sensasi panas yang muncul saat mengaplikasikan masker bawang merah. Menambahkan sejumlah bahan seperti madu, tea tree oil atau pun gel lidah buaya dapat menjadi referensi yang patut dicoba.