Bawang yang Sudah Dicincang Jika Dibiarkan Jadi Beracun?

khasiat-bawang-putih-untuk-pria-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu jenis bumbu masakan yang hampir selalu kita gunakan setiap hari adalah bawang, baik itu bawang putih, bawang merah, hingga bawang bombay. Keberadaaan bawang-bawang ini memang bisa membuat rasa dan aroma masakan menjadi lebih harum. Sayangnya, ada anggapan yang menyebutkan bahwa jika kita sudah mencincang bawang dan tak kunjung mengolahnya dalam masakan, maka bawang ini akan menjadi beracun dan membahayakan kesehatan. Sebenarnya, apakah hal ini memang benar?

Jika bawang yang sudah dikupas atau dicincang dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama, warna bawang memang akan berubah dan tidak lagi terlihat segar. Hal ini disebabkan oleh paparan udara yang mengubah tekstur dan bentuk dari bawang tersebut. Masalahnya adalah selain udara, ternyata bawang ini juga bisa dihinggapi kotoran, debu, hingga bakteri.

Hanya saja, menurut pakar kesehatan Ellen Steinberg, PhD dari Real Simple, anggapan bahwa bawang yang sudah dicincang bisa beracun jika dibiarkan begitu saja dalam waktu yang lama tidak tepat. Menurut Ellen, hingga saat ini, belum ada penelitian yang mendukung fakta ini. Selain itu, jika kita cermati, bawang termasuk dalam bahan makanan yang memiliki sifat anti bakteri.

Selain sifatnya, bawang ternyata juga memiliki susunan kimiawi yang membuatnya tidak mudah terpapar atau ditinggali bakteri penyebab penyakit. Sebagai contoh, kadar pH bawang cenderung rendah sehingga sifatnya asam. Selain itu, bawang juga tidak memiliki kandungan protein yang tinggi. Hal ini menandakan bahwa bawang bukanlah tempat yang ideal bagi kuman, virus, bakteri, dan pathogen untuk hinggap dan berkembang biak. Keberadaan senyawa anti bakteri juga membuat bakteri tentu tidak akan mau menempel di bawang.

Pakar kesehatan dari University of Georgia, Amerika Serikat juga menyebutkan hal yang sama. Jika kita memotong atau mengupas bawang, maka akan keluar kandungan air yang justru mampu melawan atau mencegah datangnya berbagai mikroorganisme berbahaya untuk hinggap. Padahal, bisa jadi mikroorganisme ini menjadi penyebab utama keracunan makanan.

Melihat adanya fakta ini, kita tak perlu khawatir jika bawang yang sudah dicincang mengalami perubahan warna atau tekstur. Bukan berarti hal ini menandakan bahwa bawang ini sudah tak layak untuk dikonsumsi atau beracun. Kita pun masih bisa menggunakannya untuk memasak.