Bau Mulut Tanda Kolesterol Tinggi?

DokterSehat.Com– Biasanya, masalah kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala yang jelas hingga akhirnya menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung atau stroke. Padahal, jika kita lebih cermat, ada beberapa tanda dari masalah kolesterol tinggi yang patut untuk kita waspadai. Seperti apakah tanda-tanda tersebut?

Kolesterol sebenarnya adalah sejenis lipid yang biasa ditemukan di dalam tubuh kita. Meski sering dianggap sebagai sesuatu yang buruk bagi kesehatan, dalam realitanya kolesterol memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Sebagai contoh, tubuh membutuhkannya untuk memproduksi empedu yang berperan besar dalam proses pencernaan lemak.

Memiliki kadar kolesterol yang normal tidak akan membahayakan kesehatan, justru akan membantu tubuh berfungsi dengan baik. Sayangnya, kita terkadang menerapkan gaya hidup yang buruk sehingga membuat kadar kolesterol melebihi batas normal dan akhirnya membuat kesehatan tubuh memburuk.

Banyak orang yang tidak sadar jika bau mulut bisa jadi adalah tanda dari masalah kolesterol tinggi. Memang, seringkali bau mulut muncul akibat kebiasaan malas membersihkan mulut atau mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang berbau menyengat, namun bau mulut memang terkait dengan kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan oleh proses pencernaan yang tidak bekerja dengan lancar akibat masalah kesehatan ini. Kondisi ini akan membuat perut mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan dikeluarkan saat kita bernapas atau berbicara.

Gangguan pencernaan akibat masalah kolesterol tinggi tidak hanya akan menyebabkan masalah bau mulut saja. Terkadang, hal ini juga akan menyebabkan sensasi perut kembung yang sangat tidak nyaman. Bahkan, dalam beberapa kasus, kondisi ini juga akan menyebabkan sembelit.

Gejala lain dari kolesterol tinggi yang patut untuk diwaspadai adalah munculnya mati rasa atau kesemutan pada beberapa anggota badan seperti tangan atau kaki. Menumpuknya plak pada pembuluh darah akibat kolesterol tinggi bisa menyebabkan gangguan sirkulasi darah yang akhirnya menyebabkan gejala tersebut. Kita tentu harus mewaspadai masalah kolesterol jika kondisi ini sering terjadi.

Selalu periksakan kadar kolesterol secara rutin agar kita bisa menerapkan gaya hidup yang tepat, khususnya dalam hal menerapkan pola makan yang sehat demi membuat kadar kolesterol di dalam tubuh tetap normal.