Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bau mulut yang mengganggu rasa percaya diri, ternyata bisa menjadi indikasi penyakit yang lebih serius. Masalah bau mulut tidak selalu karena kebersihan mulut yang kurang terjaga. Ada kalanya bau tidak sedap tersebut menjadi tanda bahwa kesehatan tubuh sedang bermasalah. Dilansir dari Global Healing Center, berikut ini indikasi bahwa bau mulut ternyata bisa jadi merupakan satu tanda adanya penyakit yang lebih serius.

Bau Mulut, Bisa Menjadi Indikasi Penyakit Serius

1. Penyakit Gusi

Bau mulut bisa disebabkan salah satunya oleh gusi yang bermasalah. Dari Global Healing Center, disebutkan sebuah studi dari 2012 menemukan adanya hubungan langsung antara periodontik dengan gingivitis.

2. Kanker

Menurut salah satu director di Cleveland Clinic’s Respiratory Center berdasarkan hasil uji dari alat pendeteksi kanker, bau mulut ditemukan pada sebesar 80% pasien kanker paru-paru melalui tes napas. Selain itu, kemoterapi dan terapi radiasi pada penderita kanker dapat memengaruhi banyaknya produksi air liur, sehingga bakteri dapat melepaskan gas sulfur dan dapat membuat aroma napas menjadi tidak sedap.

3. Diabetes

Penderita diabetes bermasalah dengan produksi insulin. Hal ini menyebabkan satu kondisi bernama ketoacidosis. Kondisi ini dapat menyebabkan keton meningkat yang oleh tubuh harus dikeluarkan. Caranya melalui urin dan paru-paru, dalam hal ini napas. Sehingga, masalah bau mulut pun hadir.

4. Penyakit Hati

Seperti dilansir dari Global Healing Center, bau mulut juga bisa mengindikasikan penyakit hati. Dalam sains, diketahui bahwa penderita penyakit hati dapat menimbulkan bau mulut yang disebut hepaticus.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

5. Gagal Ginjal

Aroma napas yang tidak sedap, juga bisa mengindikasikan penyakit gagal ginjal. Perubahan metabolism pada tubuh pasien gagal ginjal berpengaruh atau bisa menyebabkan mulut menjadi kering, produksi air liur berkurang serta sebab lain. Inilah yang menurut peneliti menyumbang kontribusi pada nafas mulut yang tidak sedap: air liur gagal membantu membersihkan mulut dari bakteri.

Masalah bau mulut biasa dapat selesai dengan rajin membersihkan dan menjaga kesehatan mulut serta gigi. Namun Anda juga perlu waspada dengan kemungkinan adanya penyakit yang mungkin menjadi penyebab masalah bau mulut.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi