Bau Badan Seperti Ini, Waspadai Datangnya Penyakit Berbahaya

doktersehat-mulut-bau

DokterSehat.Com– Aroma kurang sedap memang bisa saja keluar dari tubuh kita, baik itu dari ketiak, mulut, atau bahkan kaki. Biasanya, aroma tubuh ini dipicu oleh kurang baiknya kita dalam menjaga kebersihan badan. Hanya saja, ada beberapa aroma badan yang ternyata menandakan adanya masalah kesehatan yang cukup serius sehingga patut untuk kita waspadai. Berikut adalah diantaranya.

Aroma nafas seperti buah-buahan
Salah satu komplikasi diabetes yang disebabkan oleh tubuh sudah tidak mampu lagi memproduksi insulin sehingga kadar gula dalam darah naik dengan drastis adalah ketoasidosis. Komplikasi ini membuat tubuh tidak mampu menciptakan energi sehingga akhirnya memecah asam lemak yang ada. Hal ini memicu pembentukan keton dalam darah yang membuat bau nafas seperti buah-buahan.

Bau kaki dengan kulit yang kering dan bersisik
Seringkali bau kaki muncul karena kaki lembab karena dibungkus kaus kaki dan sepatu seharian. Namun, jika kulit kaki terlihat kering, bersisik, kemerahan, lecet-lecet, dan berbau menyengat, bisa jadi hal ini dipicu oleh masalah kaki atlet yang disebabkan oleh terkikisnya kulit kaki akibat dari infeksi bakteri dan jamur.

Bau BAB sangat menyengat
Jika kita mengalami intoleransi laktosa, maka usus kecil tidak mampu memproduksi enzim lactase dengan cukup untuk mencerna laktosa yang ada dalam produk susu. Hal ini akan membuat laktosa segera dipindahkan ke usus besar dan langsung difermentasi oleh bakteri sehingga memicu bau yang sangat menyengat saat buang air besar.

Bau urine menyengat
Jika bau air seni menyengat seperti obat kimia, bisa jadi hal ini dipicu oleh infeksi saluran kemih.

Bau mulut
Meskipun seringkali disebabkan oleh malas menyikat gigi dengan rutin, bau mulut bisa jadi adalah tanda bahwa kita mengalami sleep apnea, kondisi dimana pernafasan berhenti sporadis saat kita terlelap. Selain bau mulut, gejala lain yang akan dirasakan adalah mendengkur, mulut kering, dan rasa letih saat bangun tidur.