Batuk Berbulan-Bulan, Ternyata Ada Tulang di Tenggorokan

doktersehat-kanker-tenggorokan

DokterSehat.Com– Seorang pemuda berusia 21 yang tidak disebutkan namanya mengalami batuk parah selama empat bulan setelah mengalami kecelakaan mobil. Berkali-kali Ia pergi ke dokter dan mendapatkan obat batuk.  Namun, tetap saja masalah kesehatan ini terus mengganggunya.

Dikutip dari Daily Mail, dokter yang terakhir kali menanganinya akhirnya berpikir jika ada pemicu lain dari masalah batuk-batuk ini. Sang dokter melakukan pemeriksakan lebih mendalam dan menemukan sebuah benda yang terlihat keras dan berwarna putih di saluran pernapasannya. Dokter yang berasal dari Jepang ini kemudian memastikan bahwa benda keras ini adalah tulang rahang milik pemuda tersebut.

Kecelakaan mobil yang dialami sang pemuda ternyata cukup parah sehingga membuat tulang rahangnya patah. Saat masih dalam kondisi tidak sadar, patahan tulang rahangnya ini memasuki saluran pernapasannya. Karena dianggap cukup aneh, kasus ini pun kemudian dilaporkan para dokter dalam laporan BMJ Case Reports terbaru.

Dalam jurnal tersebut, disebutkan bahwa kasus yang dialami sang pemuda ini sepertinya yang pertama kali terjadi di dunia. Namun, dalam ilmu medis, memang ada kemungkinan seseorang menghirup benda-benda asing saat berada dalam kondisi koma atau tidak sadar.

Sang pemuda yang sudah sangat jengah dengan batuknya yang tak kunjung mereda ini memeriksakan kondisi kesehatannya di Kokura Medical Center yang ada di kota Kitakyush, sekitar 1.019 km dari Tokyo. Di sana, Ia langsung ditempatkan pada sebuah ventilator setelah mengetahui bahwa sebelumnya pernah mengalami kecelakaan. Di tempat itulah sang pemuda mengetahui jika salah satu tulang rahang kirinya patah.

Tulang rahang yang memicu batuk-batuk tersangkut di bagian kiri tenggorokannya dan akhirnya diambil dengan menggunakan tang khusus medis.

Kasus yang cukup aneh, ya? Kalau teman Sehat terkena batuk biasanya berapa lama?