Batasan Udang dan Kepiting Agar Tidak Naikkan Kolesterol

kepiting-seafood-makanan-laut-doktersehat.jpg
Photo Source: Flickr/flickr4jazz

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan makanan laut seperti udang dan kepiting? Dalam realitanya, makanan laut memang memiliki rasa yang enak dan menggoyang lidah kita. Hanya saja, sudah menjadi rahasia umum jika mengonsumsi makanan laut terlalu sering atau terlalu banyak bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Salah satu dari dampak tersebut adalah masalah kolesterol tinggi.

Sebenarnya, kolesterol tidaklah selalu memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, pakar kesehatan dari American Heart Association menyarankan kita untuk membatasi asupan kolesterol hingga 300 mg saja setiap hari. Jika kita mengonsumsinya lebih dari jumlah tersebut, dikhawatirkan kita akan mengalami gangguan kesehatan seperti aterosklerosis atau pembuluh darah arteri yang mengeras. Kondisi ini bisa memicu datangnya masalah hipertensi, serangan jantung, angina, hingga stroke yang berpotensi mematikan.

Udang termasuk dalam makanan laut dengan kadar kolesterol yang sangat tinggi. Di dalam 100 gram udang mentah saja kita sudah bisa mendapatkan 166 mg kolesterol. Jika kita menggorengnya, maka kadar kolesterol di dalamnya tentu akan jauh lebih tinggi.

Mengonsumsinya dalam jumlah 100 gram saja sudah cukup untuk memenuhi separuh dari asupan harian maksimal kolesterol. Padahal, porsi ini termasuk sangat sedikit, namun demi mencegah masalah kolesterol tinggi, ada baiknya memang kita membatasi asupannya di jumlah tersebut.

Sementara itu, di dalam 100 gram kepiting kita akan mendapatkan kolesterol dengan jumlah yang lebih sedikit, yakni 55 hingga 59 mg saja. Hanya saja, ada beberapa jenis kepiting yang memiliki kadar kolesterol lebih tinggi. Hal ini berarti, kita bisa mengonsumsi kepiting dalam jumlah yang lebih banyak daripada udang, namun tetap saja kita tetap harus membatasi konsumsinya.

Kementerian Pertanian Amerika Serikat menyarankan kita untuk membatasi asupan makanan laut seperti kerang maksimal 8 ons saja dalam sepekan. Sementara itu, untuk udang, jika satu porsinya berjumlah 3 ons atau sekitar 85 gram, maka kita sebaiknya membatasinya sebanyak satu porsi saja setiap hari dan mengonsumsinya maksimal 2 atau 3 kali dalam seminggu. Sementara itu, kita bisa mengonsumsi satu porsi kepiting dengan ukuran 85 gram sekitar 3 hingga 4 kali dalam seminggu.