Terbit: 13 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang masih menganggap susu kental manis sebagai minuman yang setara dengan susu yang menyehatkan. Padahal, dalam realitanya, susu kental manis sangat kaya akan kandungan gula sehingga jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Batasan Minum Susu Kental Manis

Pakar kesehatan bahkan sampai menyebutkan bahwa susu kental manis tidak bisa dijadikan pengganti susu. Bahan makanan ini juga lebih direkomendasikan sebagai bahan tambahan untuk makanan atau minuman tertentu dengan catatan juga tidak boleh dikonsumsi dengan berlebihan.

Lantas, seberapa banyak maksimal kita masih boleh mengonsumsi susu kental manis? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita mengonsumsinya dengan jumlah satu hingga empat sendok makan saja. Bahkan, empat sendok makan susu kental manis sudah bisa dianggap sebagai hal yang berlebihan karena kandungan gulanya juga sudah sangat banyak.

Tak hanya membatasi seberapa banyak konsumsi susu kental manis, ada baiknya kita juga membatasi konsumsi gula setiap hari. Sebagaimana kita ketahui, banyak orang yang tetap menambahkan gula pada minuman susu kental manis yang dibuatnya. Padahal, di dalam susu kental manis sudah memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga tak perlu lagi diberi tambahan gula.

Jika ingin mendapatkan manfaat terbaik dari susu, pakar kesehatan lebih menyarankan konsumsi susu selain susu kental manis seperti susu pasteurisasi atau susu segar yang bisa kita temukan di berbagai tempat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Konsumsi makanan atau minuman lain yang kaya akan gula layaknya teh manis, biskuit, kue, dan lain-lain juga sebaiknya kita batasi setiap hari sehingga kita pun tidak akan mudah mengalami kenaikan berat badan atau bahkan meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya seperti diabetes.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi