Batasan Maksimal Minum Teh dalam Sehari

DokterSehat.Com– Tanpa kita sadari, kita bisa mengonsumsi teh dalam jumlah yang sangat banyak setiap hari. Sebagai contoh, kita meminumnya di pagi hari setelah bangun tidur, setelah makan, apalagi jika kita makan di luar rumah, dan di malam hari sembari menonton televisi atau mengobrol. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita mengonsumsi terlalu banyak teh setiap hari?

Pakar kesehatan dari Brown University menyebutkan bahwa di setiap cangkir teh hijau yang dianggap paling baik bagi kesehatan bisa memiliki 40 miligram kafein. Jika kita terlalu sering mengonsumsi kafein, maka kita bisa mengalami kecanduan kafein dan mengalami beberapa dampak seperti sulit berkonsentrasi, sulit berpikir, mudah gelisah, hingga merasa gugup jika tidak minum teh. Selain itu, berlebihan mengonsumsi kafein juga bisa membuat kita mengalami gangguan tidur.

Mengonsumsi teh dalam jumlah yang banyak juga bisa membuat kita mengalami penurunan penyerapan zat besi dengan signifikan. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Colorado State University, penurunan ini bisa mencapai 60 persen. Hal ini tentu akan mempengaruhi kesehatan tubuh dengan signifikan.

Terlalu sering mengonsumsi teh juga bisa mempengaruhi kinerja obat yang kita konsumsi. Padahal, masih banyak orang yang minum obat dengan teh. Dengan kinerja obat yang menurun, maka penyakit tentu akan semakin sulit untuk disembuhkan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi konsumsi teh hingga 2 atau 4 cangkir saja dalam sehari. Hanya saja, banyak orang yang mengonsumsinya hingga 3-5 cangkir dalam sehari dan mengaku tidak mengalami dampak kesehatan apapun. Hal ini berarti, ada baiknya memang kita membatasi konsumsinya hingga maksimal 5 cangkir dalam sehari. Selain itu, pastikan untuk tidak menambahkan gula di dalam teh yang ktia konsumsi.