Jangan Minum Kopi Sebelum Mencapai Usia Ini

efek-kopi-berlebihan-pada-wanita-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Kopi dikenal luas sebagai minuman yang nikmat dan cocok untuk dijadikan gaya hidup, apalagi saat kita berkumpul di kafe-kafe. Banyak remaja atau bahkan anak-anak yang bahkan sudah menyukai kopi sejak usia dini. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan bahwa remaja atau anak-anak sebaiknya tidak minum kopi terlebih dahulu. Sebenarnya, di usia berapakah kita sudah dianggap aman untuk minum kopi?

Paakar kesehatan menyebut kopi sebagai minuman yang bisa menyebabkan adiksi atau kecanduan. Masalahnya adalah jika kita sampai kecanduan dan mengonsumsinya terlalu sering, maka akan muncul risiko berupa diare, sakit perut, gangguan tidur, hingga gangguan suasana hati. Jika yang mengonsumsinya adalah anak-anak atau remaja yang berada di usia pertumbuhan, berbagai efek samping ini tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan, perkembangan, dan pertumbuhan tubuhnya. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak minum kopi sebelum usia kita mencapai 18 tahun.

Sebagai contoh, telah ada penelitian yang menunjukkan bahwa anak berusia balita hingga usia 12 tahun membutuhkan waktu tidur minimal 11 jam dalam sehari. Sementara itu, anak dengan usia 12 hingga 18 tahun setidaknya membutuhkan waktu tidur 10 jam demi mendukung pertumbuhannya. Jika sampai mereka minum kopi, maka keinginan untuk tidur menurun akibat adanya pengaruh kafein. Hal ini tentu akan berimbas buruk pagi kesehatan dan pertumbuhannya.

Mengonsumsi kopi juga terbukti mampu mengganggu proses penyerapan kalsium dengan signifikan. Hal ini disebabkan oleh sifat alami kafein yakni diuretik atau membuat produksi urine meningkat. Hal ini akan membuat kita lebih sering buang air kecil. Masalahnya adalah hal ini juga membuat banyak kalsium ikut terbuang bersama dengan urine tersebut. Anak dan remaja yang masih membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulang pun akhirnya tidak mendapatkan kalsium yang cukup.

Kandungan di dalam kopi ternyata juga bisa mempengaruhi selera makan anak-anak dan remaja. Jika sampai mereka kehilangan nafsu makan, maka mereka tidak akan mendapatkan nutrisi atau gizi yang sangat penting bagi kesehatan dan pertumbuhannya. Selain itu, telah ada penelitian yang membuktikan bahwa kebiasaan minum kopi di usia anak-anak atau remaja bisa menyebabkan mereka menjadi hiperaktif.

Melihat adanya fakta ini, anak-anak dan remaja dengan usia kurang dari 18 tahun sebaiknya tidak mengonsumsi kopi terlebih dahulu.