Jangan Dibuang, Batang 3 Jenis Sayuran Ini Juga Sebaiknya Dimakan!

doktersehat-seledri-untuk-kesehatan-kulit
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi batang sayuran? Sudah menjadi rahasia umum, jika batang sayuran menjadi salah satu bagian sayuran yang cukup sering dibuang.

Hal ini seakan sudah menjadi kebiasaan saat mengolah sayuran, padahal tidak semua batang sayuran perlu dibuang saat akan dikonsumsi, lho.

Ya, batang sayuran merupakan bagian pada sayuran yang ternyata memiliki berbagai jenis manfaat, hal ini tentu dapat kita manfaatkan mengingat ada cukup banyak jenis sayuran yang batangnya atau tangkainya bisa kita makan.

Manfaat konsumsi batang atau tangkai pada sayuran

Sebagian besar orang beranggapan bahwa batang sayuran memiliki tekstur yang keras, sehingga karena terbiasa, kita akan secara otomatis membuang atau tidak mengonsumsi batang atau tangkai sayuran.doktersehat-sayuran

Padahal, batang atau tangkai pada sayuran memiliki berbagai manfaat berupa:

Kandungan jenis serat yang lengkap

Mengonsumsi sayuran beserta bagian batangnya akan bermanfaat karena asupan jenis serat dalam tubuh akan menjadi lebih lengkap.

Hal ini bisa terjadi karena sebagian besar bagian sayur, yaitu bagian daun sayur dan batang sayur, memiliki jenis serat yang berbeda, baik jenis larut dan tak larut.

Dengan mengonsumsi bagian batang, maka Anda bisa mengasup serat yang lebih lengkap. Kondisi ini tentu sangat bermanfaat karena jenis serat yang lengkap akan memberikan manfaat serat yang makin optimal untuk tubuh.

Jumlah kadar serat dalam sayuran menjadi lebih banyak

Tidak hanya jenis, jumlah serat dalam tubuh juga tentu akan semakin meningkat mengingat porsi yang kita konsumsi secara umum akan semakin banyak. Hal ini akan memudahkan kita untuk memenuhi jumlah kebutuhan serat harian tubuh, bukan?

doktersehat-sayuran-hijau

Meningkatkan kadar gizi, vitamin, mineral dan cairan pada sayuran secara umum

Dibandingkan dengan buah, sayur cenderung lebih sehat karena umumnya tidak banyak mengandung gula.

Jika Anda mengosumsi sayur beserta bagian batangnya maka, tidak hanya jenis dan jumlah serat saja yang meningkat namun juga asupan gizi, vitamin dan mineral juga akan semakin banyak.

Lantas, apa saja sih jenis sayuran yang bagian batang atau tangkainya baik dikonsumsi?

Untuk mendapatkan 3 manfaat tersebut, Anda bisa memilih sayuran dengan bagian batang atau tangkai yang memiliki kandungan serat dan zat gizi yang baik, yaitu:

1. Sayuran berdaun hijau, baik hijau gelap maupun terang

Jika Anda hanya mengonsumsi sayur berdaun pada bagian daunnya saja, maka Anda sebaiknya kini mulai mengonsumsi bagian batangnya pula, ya.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi semua bagian batang sayuran berdaun, misalnya bayam, sawi, selada air, selada, atau kangkung, kecuali bagian batang yang keras dekat bagian akar.

2. Sayuran bertangkai

Sayuran dengan batang bertangkai biasanya langsung dibuang, padahal meskipun kecil ukurannya, kandungan serat yang ada pada tangkai sayur berdaun juga tinggi, lho.

seledri-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/jules

Untuk itu, usahakan Anda juga mengonsumsi bagian tangkai daun kemangi atau seledri, ya.

3. Sayur jenis batang

Seperti namanya, sebagian besar bagian yang dikonsumsi tentu adalah bagian batang, ya.doktersehat-asparagus

Sayuran jenis batang, misalnya sayur asparagus dan rebung, sama-sama memiliki kandungan serat dan gizi yang optimal, sehingga manfaat dari konsumsi sayur jenis batang juga baik untuk tubuh, bukan?

Nah, itu dia tiga jenis sayuran yang bagian batangnya sebaiknya Anda konsumsi. Tidak hanya mudah perolehanya, sayuran yang batangnya bisa dimakan juga super bermanfaat, bukan? Jadi, kini jangan langsung membuang bagian batang dan tangkai sayur, ya.