Baru Kenalan Kok Sudah Lupa Nama? Ini Penyebabnya

kenalan_jabat_tangan_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/mark6mauno

DokterSehat.Com– Kita tentu sering menghadapi situasi dimana kita baru saja berkenalan dengan orang lain namun kemudian melupakan namanya beberapa saat kemudian. Kita pun dengan malu-malu terpaksa menanyakan nama orang tersebut lagi. Sebenarnya, apa sih penyebab dari kebiasaan mudah lupa dengan nama orang yang baru kita kenal ini?

Dilansir dari Time, Profesor Charan dari University of California menyebutkan bahwa hal ini terjadi karena kita cenderung tidak begitu tertarik dengan suasana perkenalan atau dengan orang yang baru saja kita ajak untuk berkenalan.

“Manusia sebenarnya sangat hebat dalam mengingat hal-hal tertentu, namun kita harus benar-benar ingin atau tertarik untuk mengingatnya. Sayangnya, kadangkala kita berada dalam situasi perkenalan yang membuat kita tidak langsung tertarik untuk mengenal orang tersebut dan otak kita pun akhirnya menganggapnya sebagai hal yang tidak penting sehingga kita pun langsung melupakannya begitu saja,” ucap Prof. Charan.

Hal lain yang bisa menyebabkan kita tidak mudah mengingat nama orang yang baru saja kita ajak kenalan adalah karena nama orang tersebut sangat pasaran dan kita sudah mengenal banyak orang lain dengan nama yang sama. Informasi tentang nama ini pun tidak akan mudah disimpan di dalam memori otak kita.

Untuk mensiasati hal ini, ada baiknya kita memberikan penanda pada nama orang yang baru saja kita ajak kenalan. Sebagai contoh, jika kita sudah memiliki banyak teman dengan nama Budi, cobalah untuk menambahkan atribut setelahnya seperti Budi si penjual ayam bakar atau Budi si pelukis. Hal ini akan membuat kita lebih baik dalam mengingat namanya dalam jangka panjang.