Terbit: 1 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Buruh yang jatuh tanggal 1 Mei kali ini juga disertai dengan demo di berbagai kota besar. Agar demo berlangsung dengan damai dan tidak mudah terpancing emosi karena keberadaan oknum atau hal-hal lainnya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu memenuhi kebutuhan air putih.

Banyak Minum Saat Demo Hari Buruh Agar Tidak Mudah Marah

Saat kita berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari secara langsung, maka tubuh akan cenderung lebih mudah mengalami penurunan kadar cairan tubuh. Jika kita tidak minum dalam waktu yang lama, maka tubuh akan mengalami dehidrasi dengan gejala seperti bibir kering, susah berkonsentrasi, kepala pusing, dan membuat emosi kita lebih mudah tersulut.

Tanpa kita sadari, dehidrasi ternyata bisa memicu dampak buruk bagi suasana hati kita. Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition. Dalam penelitian ini, 25 orang dilibatkan untuk mengetahui apa yang terjadi jika tubuh mengalami kekurangan cairan.

Hasil dari penelitian adalah, jika kita mengalami penurunan cairan tubuh 1 persen saja, efek seperti sakit kepala, hilangnya fokus, nyeri persendian, hingga berubahnya suasana hati bisa terjadi. Efek ini tentu akan menjadi lebih parah jika kita sampai mengalami dehidrasi.

Melihat adanya fakta ini, selalu pastikan untuk mengonsumsi air putih dengan cukup dimanapun berada, apalagi jika kita berada di luar ruangan dan melakukan aktivitas di bawah sinar matahari secaara langsung. Selain itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi minuman yang bisa memicu datangnya dehidrasi seperti minuman berkafein dan minuman beralkohol.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Tak disangka, kurang minum ternyata bisa memberikan dampak sebanyak ini ya?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi