Banyak Artis yang Hamil Dengan Tubuh Masih Ramping, Berbahaya Nggak Sih?

doktersehat-hamil-minum-kopi

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah melihat beberapa artis yang memiliki tubuh tetap ramping meskipun telah berada dalam kondisi berbadan dua. Banyak orang yang memuji bagaimana para artis ini mampu membuat tubuhnya berada dalam kondisi yang bagus meski sedang hamil sehingga diperkirakan akan lebih cepat mendapatkan kembali bentuk tubuh terbaiknya setelah melahirkan. Sebenarnya, berbahaya tidak jika kita tetap dalam kondisi tubuh ramping saat hamil?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa salah satu hal yang harus dijaga oleh ibu hamil adalah berat badannya. Ibu hamil diharapkan mengalami kenaikan berat badan meskipun kenaikan berat badan ini juga sebaiknya dibatasi agar tidak berlebihan. Tak hanya itu, jika kondisi tubuh ibu hamil juga terlalu kurus, maka ada baiknya Ia berusaha untuk meningkatkan berat badannya hingga ke standar aman ibu hamil demi menjaga kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Pakar kesehatan Prof. Dr. Endang Anhari Achadi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia menyebutkan bahwa jika ibu hamil memiliki tubuh yang terlalu kurus, dikhawatirkan tubuhnya tidak akan memiliki persediaan energi yang cukup yang pada akhirnya bisa membuat janin di dalam kandungan tidak mampu tumbuh dengan maksimal. Karena alasan inilah ada baiknya berat badannya ditambah.

Lantas, bagaimana dengan para artis yang tubuhnya bisa tetap terlihat ramping saat hamil? Ramping belum tentu terlalu kurus. Bisa jadi berat badan para artis ini sudah cukup ideal bagi kehamilan namun memang tetap terlihat ramping. Mereka tentu sudah berkonsultasi dengan dokter kandungan agar memastikan bahwa janin di dalam kandungannya tetap terjaga perkembangan dan kesehatannya.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kurus tidaknya ibu hamil bisa kita cek dengan ukuran lingkar lengan bagian atas. Jika ukurannya ternyata tidak sampai 23 cm, maka tubuhnya dianggap terlalu kurus dan sebaiknya segera menambah berat badannya.

Tak hanya terlalu kurus, ibu hamil dan wanita yang sedang merencanakan kehamilan harus memastikan bahwa mereka tidak mengalami anemia. Jika sampai hal ini terjadi, maka dikhawatirkan bayi bisa terlahir dengan prematur atau mengalami gangguan kehamilan lainnya.