Banjir Melanda Pacitan, Jogja, dan Daerah Lainnya. Waspadai Datangnya Penyakit Ini

doktersehat-banjir
Photo Credit: Abdul Rahman

DokterSehat.Com– Musim hujan mulai memasuki puncaknya. Ditambah dengan adanya Siklon Cempaka, beberapa daerah di Indonesia mengalami peningkatan curah hujan dengan signifikan sehingga memicu bencana banjir dan tanah longsor. Di hari ini saja, telah terjadi banjir di kawasan Pacitan, Jogja, dan berbagai kawasan lainnya. Tak hanya mendatangkan korban jiwa, banjir bisa menyebabkan datangnya berbagai penyakit berbahaya seperti sebagai berikut.

Diare
Diare bisa sangat mematikan, khususnya pada bayi dan anak-anak. Di Indonesia sendiri, kasus kematian yang disebabkan oleh diare mencapai 8,5 persen dari total kasus. Tak hanya membuat buang air besar menjadi lebih sering dan kotoran menjadi sangat encer, penderita diare bisa mengalami demam dan kram perut.

Demam berdarah
Demam berdarah disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. Yang menjadi masalah adalah, banyak korban demam berdarah yang akhirnya harus meregang nyawa. Badan Kesehatan Dunia WHO menyebut Indonesia sebagai negara dengan kasus demam berdarah paling tinggi di Asia Tenggara.

Leptospirosis
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri leptospira yang ditularkan oleh tikus. Yang menjadi masalah adalah, air banjir bisa menyebarkan bakteri ini dan akhirnya menular pada manusia melalui luka terbuka atau konsumsi air yang tidak sehat. Penyakit ini bisa memicu kerusakan ginjal, peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang, gangguan pernafasan, gagal hati, atau bahkan kematian.

Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA)
Penyakit yang menyerang paru-paru ini memiliki gejala seperti flu, batuk, demam, sesak nafas, dan nyeri dada.

Demam tifoid
Penyakit demam tifoid disebabkan oleh bakteri salmonella yang terbawa oleh air banjir dan dikonsumsi oleh manusia melalui air minum atau makanan yang sudah tercemar. Penderitanya akan mengalami gejala berupa demam berkepanjangan, hilangnya nafsu makan, diare, sakit kepala, dan mual-mual.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya setiap masyarakat menjaga kesehatan dan kebersihan demi mencegah datangnya penyakit-penyakit ini di musim hujan, khususnya saat bencana banjir melanda.