Bangun Tidur Langsung Diare? Waspada Stres

diare-bangun-tidur-doktersehat
Photo Source: Flickr/mythoto

DokterSehat.Com– Keinginan untuk langsung buang air besar di pagi hari sebenarnya wajar terjadi. Hanya saja, terkadang kita langsung mengalami diare saat baru bangun tidur. Banyak orang yang kemudian menganggap hal ini terkait dengan makanan yang dikonsumsi di malam sebelumnya, namun pakar kesehatan menyebut hal ini sepertinya terkait dengan stres.

Diare Terkait dengan Stres

Pakar kesehatan menyebut stres tak hanya memberikan dampak bagi kesehatan mental kita. Dalam realitanya, hampir semua bagian tubuh bisa mengalami dampak buruk akibat hal ini. Sebagai contoh, kita bisa mengalami gejala sulit berpikir, tegang pada otot, sensasi sesak pada dada, hingga menyebabkan gangguan pencernaan.

Khusus untuk masalah pada pencernaan, hal ini disebabkan oleh adanya komunikasi antara otak dan usus. Tak hanya membuat kita merasa lapar atau kenyang, hubungan di antara kedua organ ini juga bisa mempengaruhi fungsi pencernaan dengan signifikan. Hal ini berarti, jika kita mengalami gangguan emosi, besar kemungkinan fungsi usus juga akan ikut terganggu.

“Jika kita mengalami stres, tubuh akan membakar kalori dengan asam amino glutamin dengan cepat. Hal lini akan memproduksi GABA, sejenis pemancar saraf yang bisa melawan stres,” tulis situs Mindbodygreen.

Selain bisa menahan stres, GABA sebenarnya juga bisa memberikan perlindungan bagi usus. Hanya saja, hal ini juga bisa mempengaruhi kondisi mikrobioma di dalam usus. Hal inilah yang kemudian membuat kita mencret, khususnya di pagi hari setelah bangun tidur.

Melihat fakta ini, sebaiknya kita memang lebih baik dalam mengatasi stres. Tak hanya dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, kita juga bisa melakukan meditasi, yoga, latihan pernapasan, dan lain-lain demi mengatasinya dan mencegah datangnya berbagai masalah kesehatan.

Mengatasi Diare dengan Cepat

Diare bisa cukup merepotkan, apalagi jika kita sampai harus bolak-balik buang air besar di toilet akibat hal ini. Karena alasan inilah sebaiknya kita segera mengatasinya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan demi mengatasi diare.

  1. Mengonsumsi Obat

Ada banyak jenis obat yang diperuntukkan untuk mengatasi diare. Obat-obatan ini bisa didapatkan di toko-toko dekat rumah atau apotek. Hanya saja, jika diare yang dialami cukup parah dan membuat gejala lain seperti tubuh yang lemas atau sakit perut yang tak tertahankan, ada baiknya kita memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mendapatkan penanganan medis yang tepat.

  1. Minum Oralit

Oralit adalah minuman yang bisa menggantikan kadar garam dan cairan di dalam tubuh yang terkuras habis akibat buang air besar yang berkali-kali dilakukan saat diare. Oralit bisa dikonsumsi beberapa kali dalam sehari demi memberikan kesempatan saluran pencernaan mengolahnya dan memperbaiki kondisinya.

Selain oralit, pengidap diare juga diminta untuk mengonsumsi air elektrolit atau air kelapa demi mengembalikan cairan tubuh.

  1. Makan Yoghurt

Makan yoghurt bisa membantu mengembalikan keseimbangan bakteri di dalam usus. Hal ini tentu akan membantu mengatasi diare dengan cepat. Hanya saja, bagi sebagian orang yang mengalami kesulitan untuk mengolah kandungan di dalam produk susu, bisa jadi mengonsumsinya bisa membuat diare berlangsung dengan lebih parah.

  1. Minum Teh Hitam

Teh hitam sangatlah cocok untuk dikonsumsi saat diare menyerang. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan tanin di dalamnya yang bisa meredakan diare. Teh chamomile juga bisa dijadikan pilihan yang tepat karena teh ini memiliki kandungan anti peradangan yang bisa memperbaiki kondisi usus.

  1. Menghindari Beberapa Jenis Makanan

Makanan dengan pemanis buatan seperti permen atau minuman manis kemasan, makanan pedas, makanan berlemak atau gorengan, kopi, produk susu, dan beberapa jenis sayuran dari keluarga kubis sebaiknya dihindari untuk sementara karena bisa membuat diare menjadi semakin parah.

 

Sumber:

  1. Miller, Ali. 2019. How Stress Can Mess With Your Gut & 4 Things You Can Do About It. mindbodygreen.com/articles/how-stress-can-mess-with-your-gut-and-what-you-can-do-about-it. (Diakses pada 17 Oktober 2019).