Terbit: 6 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Balita berusia 3 tahun bernama O’Neal Mahmoud terlahir dari keluarga dan kawasan yang memakai Bahasa Arab sebagai alat komunikasi sehari-hari, namun, ia justru hanya mampu berbicara dengan Bahasa Inggris, bahkan dengan logat British yang sangat kuat. Yang lebih aneh adalah, O’Neal sama sekali tidak pernah belajar Bahasa Inggris dan orang tuanya sama sekali tidak pernah memberikan bacaan atau menunjukkan lagu atau video dengan bahasa tersebut.

Tak Pernah Belajar, Balita Ini Mahir Bahasa Inggris!

Dilansir dari Oddity Central, O’Neal tidak kunjung bisa berbicara hingga usianya mencapai 2 tahun. Ia kemudian mulai mengeluarkan suara-suara yang tidak jelas, namun, tiba-tiba saja O’Neal mulai mengucapkan kata-kata dari Bahasa Inggris seperti “my dear” atau “oh my goodness”. Orang tuanya pun bingung mengingat kata-kata ini sama sekali tidak pernah digunakan di desa tempat tinggalnya.

Orang tuanya bahkan menjadi lebih bingung saat tahu bahwa anaknya tak mengerti apa maksud dari kata-kata Bahasa Inggris yang diucapkannya dalam Bahasa Arab. Mereka pun sampai memanggil ahli terapis berbicara untuk mengetahui apa yang terjadi pada anaknya.

Sang ahli terapis kemudian menyimpulkan bahwa O’Neal memiliki kemampuan berbicara Bahasa Inggris sebagaimana anak-anak yang berasal dari keluarga dengan percakapan sehari-hari berbahasa Inggris. Sayangnya, kemampuan berbahasan Arabnya sangat buruk. Hal ini membuat O’Neal tidak lancar berkomunikasi dengan orang tuanya.

Sang anak pun kemudian disekolahkan di TK dengan guru yang mampu berbahasa Inggris agar bisa belajar dengan lebih baik dan memahami kata-kata Bahasa Inggris yang dikuasainya dalam Bahasa Arab. Hanya saja, orang tua O’Neal tetap saja khawatir sang anak tidak mampu berkomunikasi dengan baik dengan lingkungannya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Menurut para ahli, kondisi O’Neal disebut sebagai xenoglossy, fenomena langka dan misterius yang membuat seseorang mampu menguasai bahasa tanpa mempelajarinya secara alami. Sementara itu, Dr. Khaloub Qa’awar yang merupakan terapis berbicara menyebutkan bahwa mereka tidak pernah menemukan kasus aneh seperti yang dialami O’Neal sebelumnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi