Terbit: 30 Juni 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Balance bike untuk anak selain menyenangkan, sepeda ini membantu pengembangan keterampilan motorik kasar, membangun kepercayaan diri, dan memberikan transisi yang mudah ke sepeda pedal. Selengkapnya simak berbagai manfaat dari sepeda keseimbangan untuk anak di bawah ini! 

9 Manfaat Balance Bike untuk Kesehatan Fisik dan Mental Anak

Apa Itu Balance Bike?

Balance bike adalah sepeda yang dirancang khusus untuk balita. Anak berusia 2 tahun dapat mulai mengendarai sepeda keseimbangan. Sepeda ini memiliki dua roda dan tanpa pedal. Tujuan tanpa pedal adalah untuk membantu balita belajar menyetir dan menyeimbangkan terlebih dahulu. Saat keseimbangan anak menjadi lebih stabil dan kemudinya menjadi lebih akurat, anak cenderung melakukan transisi atau berganti secara mulus ke sepeda berpedal.

Manfaat Balance Bike untuk Anak

Sepeda keseimbangansebenarnya sudah ada sejak lama. Sepeda ini sangat populer di seluruh Eropa, terutama di Belanda, dan lebih banyak orang tua beralih ke jenis sepeda ini untuk membuat anak-anak tetap bergerak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari balance bike:

1. Membagun Keseimbangan

Untuk melakukan aktivitas, seperti berjalan, berlari, jongkok, atau membungkuk, ini membutuhkan keseimbangan tubuh. Dengan mengendarai sepeda keseimbangan, anak akan lebih fokus untuk menyeimbangkan tubuhnya untuk meluncur. 

Ketika anak sudah terbiasa dengan keseimbangan menggunakan sepeda tanpa pedal, anak akan siap menggunakan sepeda berpedal dengan lancar. Hal ini dibantu dengan otot kaki, tunggai dan pungungnya dalam melatih keseimabangan. 

2. Melatih Kekuatan dan Koordinasi

Selain melatih keseimbangan, manfaat menggunakan sepeda khusus ini dapat membantu membangun kekuatan anggota gerak. Desain sepeda keseimbangan ini mendorong anak-anak untuk menggunakan lengan dan mengangkat kakinya saat bergerak maju.

Tidak hanya membantu anak membangun kekuatan, tetapi juga dapat membantu anak menyempurnakan keterampilan motorik, koordinasi, dan kelincahan.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Jika Anda dapat mengingat saat pertama kali belajar mengendarai sepeda, Anda mungkin mengingat perasaan takut dan kecewa. Jatuh dari sepeda mungkin dianggap sebagai langkah masa kanak-kanak yang perlu dilewati, tetapi juga bisa sedikit menakutkan bagi anak.

Sepeda keseimbangan yang rendah ke tanah, dapat membuat jatuh jauh lebih sedikit menakutkan. Selain itu, sepeda ini mudah Anak gunakan. Balita bisa menggunakan sepeda keseimbangan dengan sangat cepat, membuat anak merasa lebih percaya diri terhadap keterampilan barunya.

4. Olahraga untuk Anak

Anak-anak yang sangat kelebihan berat badan (obesitas) dan kurang berolahraga, cocok menggunakan balance bike. Untungnya, anak-anak tidak menganggap sepeda keseimbangan sebagai olahraga, tetapi anak menganggapnya sebagai permainan yang menyenangkan. 

Manfaat mengendarai sepeda keseimbangan mampu membakar sebagian energi balita. Anak berusia 2 tahun dapat menggunakan sepeda keseimbangan beberapa mil. Ketika selesai berolahraga, anak bisa tidur siang yang sangat nyenyak.

5. Meningkatkan Kesehatan Fisik 

Mengendarai sepeda keseimbangan dapat dibandingkan dengan berenang di mana semua bagian utama tubuh digunakan. Ketika anak mengendarai sepeda keseimbangan, ia perlu meregangkan kaki untuk mendorong tanah agar sepeda melaju dengan seimbang. Dengan cara ini, tulang kaki anak menjadi kuat.

Anak dapat menggunakan tangan untuk menjaga keseimbangan sepeda tetap lurus atau membawanya ke kiri atau kanan sesuai kebutuhannya. Ini membuat otot tangan anak menjadi kuat.

Namun, saat mengendarai sepeda keseimbangan, anak perlu mengendarainya dengan hati-hati dan selalu mendapat pengawasan dari orang tua. Hal ini membuat anak-anak menjadi perhatian terhadap keselamatan sejak usia dini.

Baca Juga: 10 Latihan Keseimbangan untuk Meningkatkan Kekuatan Tubuh

6. Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Manfaat mengendarai sepeda keseimbangan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik anak, tetapi juga penting bagi kesehatan mental anak. Ini adalah olahraga menyegarkan yang dapat membuat anak bersemangat dan bahagia.

Mengendarai balance bike biasanya berkelompok. Jadi, anak mempunyai teman sebaya yang juga ikut berkendara bersamanya. Permainan bersama ini dapat mengajarkan anak bagaimana bekerja sama dalam kelompok.

Anak dapat menemukan acara yang menyenangkan dan mendapatkan kesenangan melalui semada kesimbangan. Kegiatan ini sangat menghilangkan kebosanan dan depresinya. Jadi, dengan mengendarai sepeda keseimbangan, orang tua tidak khawatir tentang kesehatan mental anak.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Olahraga teratur dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa anak-anak dan orang dewasa dengan kondisi fisik yang baik kurang rentan terhadap berbagai penyakit. Olahraga dengan sepeda keseimbangan juga akan memberikan manfaat kesehatan pada anak di masa dewasa.

8. Membuat Anak Lebih Pintar

Sebelum memasuki era digital, anak-anak bermain sepeda dan pergi bersama teman-teman sepulang sekolah. Sedangkan saat ini mereka hanya menjentikkan jari di layar smartphone padahal bergerak di luar ruangan adalah aktivitas terbaik yang dapat mengembangkan anak-anak dalam semua aspek.

Anak-anak dapat belajar bersosialisasi dan mengembangkan keterampilan motorik, yang terkait erat dengan perkembangan otak. Psikiater Manfred Spitzer mengatakan bahwa sensomotorik terhubung ke sepertiga dari otak, dan karena penggunaan ponsel pintar oleh anak-anak, otak mereka tidak berkembang. Sebaliknya, latihan fisik menjadi cara yang terbaik membantu anak menjadi pandai dan pintar.

9. Olahraga Menjadi Menyenangkan

Mengendarai balance bike tidak hanya menyenangkan, ini adalah cara yang bagus untuk membuat anak-anak tetap bergerak. Anak-anak dengan usia 2 tahun akan suka meluncur dengan sepeda keseimbangan atau bersepeda bersama dengan keluarga atau teman. Semakin dini orang tua mendorong anak-anak untuk mulai berolahraga, semakin besar kemungkinan anak akan mengembangkan kebiasaan sehat seumur hidupnya.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. 2020. Benefits of Balance Bikes for Toddlers. https://babysparks.com/2020/08/06/benefits-of-balance-bikes-for-toddlers/ (Diakses pada 30 Juni 2021)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. Health Benefits Of Riding Balance Bike. https://www.bestappsforkids.com/2015/health-benefits-riding-balance-bike/ (Diakses pada 30 Juni 2021)
  3. Anonim. 2017. 7 Reasons Why to Get a Balance bike for Your Kids. https://www.yedoo.eu/en/article/7-reasons-why-to-get-a-balance-bike-for-your-kids-6sW6NY (Diakses pada 30 Juni 2021)
  4. Kristen. 2015. 7 Reasons Your Toddler Needs a Balance Bike. https://rascalrides.com/benefits-of-a-balance-bike-7-reasons-why-your-toddler-needs-one-now/ (Diakses pada 30 Juni 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi