Terbit: 9 Januari 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Bakuchiol adalah agen perawatan kulit dari tumbuhan sebagai alternatif retinol. Ketahui apa itu bakuchiol, fungsi, cara pakai, dan efek sampingnya. 

Bakuchiol: Fungsi, Cara Pakai, Efek Samping, dll

Apa Itu Bakuchiol?

Bakuchiol adalah ekstrak tanaman psoralea corylifolia yang mengandung antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri. Bakuchiol diklaim memiliki fungsi yang sama dengan retinol sebagai perawatan kulit untuk mengatasi kulit kusam, kerutan, mengurangi tanda-tanda penuaan, dan menjaga kecantikan kulit secara keseluruhan. 

Banyak kalangan yang menjadikan ekstrak tanaman psoralea corylifolia dalam skin care sebagai alternatif yang lebih baik retinol. Retinol — turunan vitamin A — memang sangat efektif, namun tidak cocok untuk kulit sensitif dan dapat menyebabkan iritasi. Sementara bakuchiol adalah bahan nabati yang kuat yang cocok untuk kulit sensitif. 

Cara Kerja Bakuchiol

Berdasarkan laporan dari British Journal of Dermatology, bakuchiol adalah alternatif alami yang tidak hanya memiliki manfaat sebaik retinol namun juga dapat mengurangi risiko iritasi kulit. Pasalanya, bakuchiol memiliki efek untuk menenangkan kulit dan mengurangi risiko sensitivitas kulit. 

Ekstrak tanaman psoralea corylifolia bekerja sebagai antioksidan, antibakteri, sekaligus antiinflamasi untuk kulit. Kandungan antioksidan dapat mencegah paparan radikal bebas yang memicu tanda-tanda penuaan dini di kulit serta dapat melindungi kulit dari polusi. Selain itu, sifat antibakterinya dapat mencegah kulit berjerawat. 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Baca Juga: Retinol: Fungsi, Jenis, Cara Pakai, Efek Samping, dll

Fungsi Bakuchiol

Ekstrak tanaman psoralea corylifolia sama baiknya dengan manfaat retinol, sebagai berikut:

  • Mengurangi garis-garis halus pada kulit.
  • Memicu jalur genetik pada kulit untuk memproduksi kolagen secara alami. 
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan dini. 
  • Mengatasi kerutan halus.
  • Mencegah jerawat.
  • Mengatasi noda-noda hitam.
  • Tidak menyebabkan iritasi kulit. 
  • Mempercepat regenerasi sel-sel kulit.
  • Meningkatkan produksi kolagen. 
  • Aman dan efektif untuk semua jenis kulit/ 
  • Menenangkan kulit dan mempercepat penyembuhan masalah kulit. 
  • Membuat kulit lebih kencang dan kenyal. 
  • Menghaluskan tekstur kulit. 
  • Meratakan warna kulit yang tidak rata. 
  • Membuat kulit jadi lembut, bersih, dan glowing. 

Bakuchiol adalah perawatan kulit untuk mengatasi hampir semua masalah kulit. Kandungan ini juga lebih lembut dari retinol dan efektif untuk jenis kulit apa pun.

Cara Menggunakan Bakuchiol

Ekstrak tanaman psoralea corylifolia ini adalah skin care alami yang bisa digunakan untuk siapa saja dan dikombinasikan dengan produk perawatan kulit lainnya. Berikut ini cara menggunakan ekstrak tanaman psoralea corylifolia dalam skin care:

  • Masukan bakuchiol sebagai perawatan kulit rutin harian, sama seperti saat Anda menggunakan retinol. 
  • Gunakan dua kali sehari, pagi dan malam.
  • Cuci muka, gunakan rutinitas cleansing Anda. 
  • Gunakan kandungan tersebut sebelum pelembap atau serum biasa. 
  • Aplikasikan produk tersebut secara tipis dan merata. 
  • Lebih bagus bila diikuti dengan pelembap minimal SPF 30 atau lebih. 

Anda mungkin harus melewati perawatan kulit dengan ekstrak tanaman psoralea corylifolia ini bila sedang menggunakan retinoid seperti eksfoliator, toner, dan benzoyl peroxide. Silakan konsultasi dengan pakar kecantikan atau dokter kulit untuk penggunaan yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. 

Cara Memilih Produk Bakuchiol

Ekstrak tanaman psoralea corylifolia hadir dalam beberapa bentuk produk perawatan kulit, termasuk serum, krim, losion, atau minyak esensial. Lalu, bagaimana cara memilihnya?

Pilih sesuai dengan preferensi Anda dalam produk kecantikan. Apa pun bentuk produksinya, semua produk ekstrak tanaman psoralea corylifolia dalam skin care bekerja dengan cara yang sama dan fungsinya juga tetap sama. Hal yang terpenting, Anda harus memilih produk dengan konsentrasi antara 0,5 hingga 2% dan menggunakannya dengan benar.

Bila memilih jenis serum, Anda mungkin ingin menggunakan formula yang ringan, mudah penggunaannya, dan tidak perlu bilas. Bila menggunakan minyak esensial psoralea corylifolia dalam skin care, Anda mungkin hanya menggunakannya sebagai rangkaian terakhir dari skin care rutin malam hari

Pada dasarnya, ekstrak tanaman psoralea corylifolia efektif Anda gunakan untuk semua jenis kulit. Kandungan ini bahkan lebih efektif untuk penanganan kulit kering dan kulit dehidrasi. Selain itu, banyak produk ekstrak tanaman psoralea corylifolia dalam skin care yang dilengkapi dengan kandungan lain seperti ekstrak minyak almond, rosehip, blueberry, hyaluronic acid, dan nutrisi lain yang meningkatkan manfaatnya untuk kulit. 

Apakah Harus Mengganti Retinol dengan Bakuchiol?

Semuanya tergantung pada kebutuhan perawatan kulit Anda. Retinol dan bakuchiol sama-sama efektif. Anda mungkin lebih memilih bakuchiol bila Anda memiliki kulit sensitif dan mengalami efek samping saat menggunakan retinol. 

Selain itu, kandungan retinol biasanya sudah ada dalam berbagai produk kecantikan lain yang Anda gunakan, semua produk yang memiliki fungsi untuk menyamarkan garis-garis halus dan tanda penuaan. Bila Anda tetap ingin menggunakan serum retinol, itu juga tetap efektif. 

Efek Samping Bakuchiol 

Saat ini, belum ada catatan tentang efek samping dari ekstrak tanaman psoralea corylifolia ini. Kandungan ini cenderung aman Anda gunakan serta lebih lembut dari kandungan retinol atau retinoid. Untuk memastikannya, silakan baca aturan penggunaan dan risiko efek samping yang tertera di balik kemasan. 

Baca Juga: 16 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari, Berbahaya!

Apakah Bakuchiol Aman untuk Ibu Hamil?

Beberapa sumber menyampaikan bahwa ekstrak tanaman psoralea corylifolia dalam skin care aman bahkan untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Sementara retinol tidak aman untuk Anda yang sedang hamil dan menyusui.

Demi keamanan, sebaiknya ibu hamil atau ibu menyusui konsultasi ke dokter atau pakar kecantikan untuk memastikan produk kosmetik dan perawatan kulit mana yang aman Anda gunakan. Pasalnya, ekstrak tanaman psoralea corylifolia dalam skin care mungkin aman namun campuran kandungan lain dalam produk tersebut mungkin tidak terlalu aman. 

Nah, itulah pembahasan tentang apa itu bakuchiol, fungsi, cara pakai, dan efek sampingnya. Produk ini bisa menjadi alternatif aman yang sebaik fungsi retinol. Semoga informasi ini bermanfaat! 

 

  1. Burcham, Chloe. 2020. Bakuchiol: The New, Natural Alternative to Retinol. https://www.byrdie.com/what-is-bakuchiol. (Diakses pada 9 Januari 2020). 
  2. Mackenzie, Macaela. 2018. What Is Bakuchiol? Experts Explain the Benefits of the Natural Alternative to Retinol. https://www.allure.com/story/what-is-bakuchiol-retinol-alternative. (Diakses pada 9 Januari 2020). 
  3. Paula’s Choice. 2020. BAKUCHIOL, WHAT IS IT?. https://www.paulaschoice-eu.com/everything-you-need-to-know-about-bakuchiol. (Diakses pada 9 Januari 2020). 
  4. Rekstis, Emily. 2019. Try Bakuchiol, Retinol’s Gentle, Plant-Based Sister for Fresh, Healthy Skin. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/bakuchiol-retinol-alternative. (Diakses pada 9 Januari 2020). 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi