Terbit: 22 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku suka dengan buah avokad. Selain karena rasanya yang enak dan dianggap cocok untuk program penurunan berat badan, avokad juga tinggi kandungan yang menyehatkan tubuh. Sebagai contoh, di dalam avokad terdapat lemak baik yang bisa membantu menurunkan kolesterol sekaligus mencegah datangnya penyakit jantung.

Suka Makan Avokad? Hati-Hati dengan Kulitnya

Makan avokad ternyata bisa mendatangkan penyakit

Sayangnya, buah yang bisa dimakan langsung, dijadikan jus, atau bahkan dijadikan isian roti ini ternyata juga bisa mendatangkan penyakit. Memang, efek ini disebabkan oleh kulitnya, bukan karena dagingnya yang kaya akan nutrisi menyehatkan, namun tentu saja kita harus mewaspadainya, bukan?

Pakar kesehatan menyebut kulit avokad yang cenderung keras ini bermanfaat dalam melindungi bagian daging buahnya. Sayangnya, kulit avokad ini bisa saja menjadi sarang bakteri penyebab berbagai macam penyakit seperti listeria atau salmonella. Bakteri-bakteri ini bisa saja hinggap ke kulit avokad saat proses distribusi menuju ke tempat penjualan buah.

Fakta mengejutkan ini terungkap dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA). Para ahli dari badan tersebut pun menyarankan kita untuk selalu mencuci avokad dengan bersih sebelum memakannya.

Dalam laporan yang melibatkan 1.615 sampel buah avokad yang dilakukan oleh FDA sejak tahun 2014 ini, dihasilkan fakta bahwa di dalam 17 persen kulit buah avokad positif mengandung listeria. Hal yang berbeda terjadi pada daging avokad, dimana hanya 3 dari 1.254 sampel daging avokad yang diteliti memiliki bakteri ini.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Mencegah paparan bakteri saat makan avokad

Lantas, apakah proses pemotongan avokad juga bisa memicu kontaminasi bakteri? Para ahli dari FDA menyebutkan bahwa hal ini sangat memungkinkan untuk terjadi. Karena alasan inilah kita sangat disarankan untuk mencuci tangan dan pisau yang digunakan untuk mengupas kulit buah avokad dengan sabun sebelum menggunakannya kembali untuk memotong buah avokad. Dengan melakukan hal ini, diharapkan kita tetap bisa mengonsumsi avokad tanpa perlu khawatir akan terpapar bakteri berbahaya.

Hanya saja, sebelum mengupas kulit avokad, ada baiknya kita menggosok kulitnya dengan sikat di bawah air yang mengalir. Setelahnya, keringkan avokad dengan kain bersih sebelum mengupas atau memotongnya.

Manfaat makan avokad

Meskipun begitu, kita tak perlu khawatir untuk makan avokad. Buah ini sangatlah direkomendasikan untuk dimakan secara rutin karena bisa memberikan manfaat kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari makan avokad.

  1. Baik bagi kesehatan jantung

Avokad tidak memiliki kandungan lemak trans. Justru, di dalam avokad terdapat lemak sehat yang mampu menurunkan kadar lemak jahat dan kolesterol di dalam tubuh. Rutin mengonsumsinya tentu akan membuat jantung menjadi lebih sehat.

  1. Mengendalikan tekanan darah

Mengonsumsi avokad secara teratur ternyata juga terbukti mampu menurunkan tekanan darah sehingga mencegah datangnya hipertensi dengan efektif.

  1. Baik bagi kesehatan mata

Di dalam avokad terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga baik bagi kesehatan mata.

  1. Membantu melawan paparan radikal bebas

Di dalam avokad terdapat kandungan antioksidan dan vitamin E yang bisa membantu menurunkan paparan buruk radikal bebas sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kita pun tidak akan mudah jatuh sakit akibat hal ini.

  1. Membuat pencernaan semakin sehat

Kandungan serat di dalam avokad sangat tinggi sehingga akan membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat. Kita pun tidak akan mudah terkena masalah seperti sembelit atau diare. Banyaknya kandungan serat ini juga akan membantu kita menjaga berat badan tetap ideal.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi