Baking Soda Bisa Menurunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet

DokterSehat.Com– Sebenarnya, olahraga dan memperbaiki pola makan sehat adalah cara yang paling jitu untuk menurunkan berat badan. Selain itu, cara tersebut juga aman dilakukan asalkan dengan prosedur yang benar.

Akan tetapi, saat ini tidak sedikit orang yang memilih melakukan cara uang cukup tidak masuk akal untuk mendapatkan tubuh yang mereka inginkan. Misalnya, diet ketat ataupun dengan mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu yang dianggap bisa menurunkan berat badan. Tak jarang, cara tersebut justru mengancam kesehatan tubuh. Bahkan, dalam kasus lain bisa menyebabkan kematian.

Akhir-Akhir ini, ada jenis ramuan terbaru yang diyakini bisa menurunkan berat badan. Ramuan tersebut adalah soda kue. Seperti yang kita tahu bahwa soda kue biasanya dimanfaatkan sebagai bahan campuran dala pembuatan kue. Selain itu, soda kue juga memiliki banyak manfaat seperti membersihkan noda, mengatasi masalah kesehatan, dan masih banyak lagi.

Banyak yang beranggapan bahwa soda kue bisa membantu mempercepat penurunan berat badan. Namun, apakah hal tersebut benar? Seorang professor nutrisi mengatakan bahwa baking soda yang biasanya dicampur dengan air putih lalu kemudian diminum akan bereaksi dengan asam di dalam perut dan membentuk garam, air, dan karbon dioksida. Selain itu, kandungan alkalin di dalam baking soda memiliki manfaat untuk menenangkan perut yang sedang mengalami gangguan pencernaan dan mual.

Akan tetapi yang perlu ditekankan bahwa baking soda ternyata tidak memiliki manfaat dalam pembakaran kalori, sehingga anggapan baking soda bisa membantu menurunkan berat badan tidaklah benar. Hal ini dikarenakan tidak ada manfaat fisiologis dari sodium karbonat yang akan membantu penurunan berat badan.

Dengan demikian, walaupun Anda mencoba meminum baking soda setiap hari, kalori di dalam tubuh Anda tidak akan serta merta menghilang dengan cepat. Justru kalau dipaksakan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, gunakanlah cara yang pasti-pasti saja dan jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter.