Terbit: 12 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bentuk tubuh langsing dan ideal merupakan idaman setiap wanita. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkannya, seperti diet atau rutin berolahraga.

Cara Mudah Membakar Kalori Saat Sedang Tidur

Sayangnya, diet dan olahraga merupakan aktivitas yang membutuhkan tenaga lebih banyak sehingga bisa membuat Anda lebih cepat lelah. Hal tersebut seringkali menjadi alasan bagi Anda untuk tidak diet ataupun berolahraga, apalagi saat sedang sibuk dengan pekerjaan di kantor.

Lantas, bagaimana cara agar tubuh tetap bisa membakar kalori tanpa diet atau olahraga? Jawabannya adalah tidur. Ya,  ternyata tidur juga bisa membantu Anda membakar kalori. Namun, perlu diperhatikan beberapa cara berikut agar tidur Anda bisa bermanfaat dalam pembakaran kalori, diantaranya:

1. Mengonsumsi Protein

Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Nutrisi ini berfungsi untuk menjaga massa otot yang nantinya akan digunakan untuk membakar kalori. Oleh karenanya, konsumsilah makanan yang mengandung banyak protein secara rutin. Selain dapat menjaga massa otot, protein juga bisa mengatur hormon penyebab kenaikan berat badan.

2. Porsi Makan Malam Kecil

Makan malam seringkali dijauhi ketika sedang ingin menurunkan berat badan seban kebiasaan ini merupakan biang kerok dari kenaikan berat badan. Tapi perlu diketahui, sebenarnya makan malam tidak berpengaruh besar pada kenaikan berat badan Anda asalkan dilakukan 4 jam sebelum tidur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Misalnya Anda terbiasa tidur pukul 10 malam, jadi waktu makan harusnya tidak melebihi pukul 6. Mengenai porsi makan malam, Anda harus mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit saja agar tubuh bisa mencerna dengan baik ketika Anda sedang tidur.

3. Tidur Dalam Ruangan Gelap

Mematikan lampu sebelum tidur juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Ruangan gelap dapat meningkatkan hormon melatonin yang dapat mengundang rasa kantuk dan membantu prodiksi lemak coklat yang berperan dalam pembakaran kalori.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi