Terbit: 5 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Wasir adalah masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang di Indonesia. Meskipun tidak mematikan, wasir bisa memicu rasa tidak nyaman saat duduk atau buang air besar, apalagi jika sampai wasir menyebabkan perdarahan. Sebenarnya, apa yang akan terjadi jika wasir tak kunjung diobati?

Jangan Dibiarkan, Ini Bahaya Wasir Jika Tak Kunjung Diobati

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun wasir hanya akan menyebabkan pembengkakan pada bagian anus dan membuat rasa tidak nyaman tanpa memicu perdarahan tatkala buang air besar, tetap saja di dalam bagian wasir ini mengalami penumpukan darah. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, dikhawatirkan akan mampu memicu anemia defisiensi zat besi. Bahkan, jika sampai di bagian wasir terjadi pembekuan darah, maka dikhawatirkan jaringan yang ada di sekitar wasir bisa mengalami kematian.

Dampak lain yang bisa dialami jika wasir dibiarkan begitu saja adalah menyebabkan wasir strangulate, kondisi yang membuat suplai oksigen ke anus mengalami hambatan akibat ukuran wasir yang sudah sangat besar. Kondisi ini membuat wasir harus segera dioperasi demi menyembuhkannya.

Sebagai informasi, wasir bisa dibagi menjadi dua jenis, yakni wasir luar dan wasir dalam. Wasir luar adalah yang lebih dikenal oleh masyarakat sebagai kondisi dimana kulit di sekitar anus mengalami pembengkakan sehingga menonjol dan memicu rasa nyeri saat duduk atau buang air besar. Untuk wasir dalam, biasanya kondisi ini tidak begitu terlihat dan gejalanya tidak begitu terasa.

Jika sampai wasir sudah memicu rasa tidak nyaman, apalagi sampai menyebabkan perdarahan, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi ini ke dokter agar bisa ditangani dengan tepat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi