Terbit: 2 April 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Vertigo adalah masalah kesehatan yang memiliki bahaya jika kondisi ini tidak segera ditangani. Apakah Anda sering mengalami vertigo? Sebaiknya ketahui apa saja bahaya vertigo berikut ini!

7 Bahaya Vertigo (Bisa Mengancam Keselamatan Jiwa)

Apa Itu Vertigo?

Vertigo adalah gangguan kesehatan yang ditandai dengan gejala kepala pusing dan terasa seperti berputar-putar. Intensitas rasa pusing tersebut bahkan sampai membuat penderitanya mengalami ketidakseimbangan tubuh. Masalah kesehatan ini bisa terjadi secara tiba dan berlangsung selama beberapa detik, kendati ada juga yang merasakannya lebih lama.

Selain kepala pusing dan terasa berputar-putar, sejumlah gejala lain yang akan dirasakan saat vertigo kambuh adalah:

  • Sakit kepala
  • Abnormalitas pergerakan mata (nistagmus)
  • Mual
  • Muntah
  • Telinga berdenging
  • Keluar keringat

Bahaya Vertigo

Karena seringkali terjadi secara tiba-tiba, dikhawatirkan vertigo tidak hanya akan menimbulkan ketidaknyamanan, namun juga bahaya.

Berikut ini adalah bahaya vertigo yang harus Anda ketahui dan waspadai!

1. Terjatuh dan Mengalami Cedera

Bahaya penyakit vertigo yang pertama adalah dapat membuat Anda mengalami cedera akibat terjatuh. Vertigo yang datang secara tiba-tiba kemudian menyebabkan keseimbangan tubuh Anda menjadi terganggu.

Apabila intensitas vertigo semakin bertambah, bukan tidak mungkin Anda tidak dapat menahan tubuh sehingga yang terjadi kemudian adalah Anda terjatuh atau membentur tembok, misalnya. Jika jatuh atau membentur tembok secara keras, maka hal ini juga bisa menyebabkan cedera.

Oleh sebab itu, manakala Anda mulai merasakan gejala utama vertigo, hentikan aktivitas dan segera cari tempat untuk duduk.

2. Meningkatkan Risiko Kecelakaan saat Berkendara

Bahaya vertigo selanjutnya yang harus Anda waspadai adalah risiko terjadinya kecelakaan saat berkendara.

Benar saja, vertigo yang kerap terjadi secara tiba-tiba bisa saja kambuh saat Anda sedang berkendara di jalan raya. Kondisi ini tentu saja sangat membahayakan.

Maka dari itu, Anda yang sekiranya sering mengalami vertigo disarankan untuk melakukan langkah-langkah untuk meminimalisir kambuhnya vertigo sebelum berkendara seperti minum air putih yang banyak, makan, dan sebagainya.

Apabila kambuhnya vertigo tak juga dapat dihindari, maka segera pinggirkan kendaraan Anda di tempat aman kemudian beristirahatlah sejenak.

3. Menyebabkan Dehidrasi

Pada kasus di mana vertigo juga disertai oleh gejala lainnya seperti mual disertai muntah, maka hal ini juga bisa berujung pada berkurangnya cairan di dalam tubuh hingga terjadilah apa yang disebut sebagai dehidrasi.

Akan tetapi, bahaya vertigo yang satu ini bisa menyerang apabila Anda tidak mengimbanginya dengan asupan air yang mencukupi. Oleh karena itu, apabila Anda mengalami vertigo kemudian muntah, segera perbanyak minum air putih untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

4. Stres

Selain dampak fisik, vertigo juga memiliki dampak psikologis yakni stres. Munculnya rasa stres ini dimungkinkan apabila frekuensi vertigo yang Anda alami terbilang cukup sering.

Oleh karena itu, sejumlah langkah pencegahan perlu dilakukan guna meminimalisir frekuensi kekambuhan vertigo ini pada diri Anda.

5. Gangguan Pendengaran

Vertigo adalah kondisi yang sejatinya merupakan pertanda dari suatu masalah kesehatan lainnya. Salah satu dari masalah kesehatan tersebut adalah penyakit Meniere.

Pada kasus vertigo yang disebabkan oleh penyakit Meniere, kondisi ini juga umumnya disertai oleh terganggunya pendengaran.

Segera periksakan diri ke dokter apabila Anda mengalami vertigo yang juga disertai pendengaran yang terganggu.

6. Hilang Kesadaran

Pada kasus yang lebih parah, vertigo tidak hanya akan membuat Anda merasa seperti berputar-putar, mual, muntah, dan gejala umum lainnya sebagaimana telah disebutkan di atas.

Lebih dari itu, vertigo yang terbilang kronis dapat menyebabkan penderitanya sampai mengalami hilang kesadaran.

Bahaya penyakit vertigo yang satu ini tentu saja tidak bisa disepelekan dan penderitanya harus segera mendapat pertolongan sebelum kondisi bertambah parah.

7. Penyakit Stroke

Vertigo juga bisa jadi pertanda dari adanya penyakit serius. Penyakit yang dimaksud di sini adalah stroke maupun gangguan fungsi otak lainnya.

Akan tetapi, vertigo yang menjadi ciri-ciri atau gejala penyakit stroke umumnya disertai oleh gejala lainnya seperti:

  • Intensitas vertigo tinggi
  • Mati rasa pada salah satu sisi tubuh
  • Kesulitan menggerakkan anggota tubuh

Jika Anda mengalami vertigo dan gejala-gejala tersebut, segera kunjungi dokter guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui penyebab pastinya.

Bahaya Vertigo Sentral

Selain vertigo umum—dalam dunia medis disebut sebagai vertigo perifer—ada juga jenis vertigo lain yang disebut sebagai vertigo sentral.

Vertigo sentral adalah jenis vertigo yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada sistem saraf otak. Vertigo inilah yang menjadi gejala dari penyakit stroke.

Beberapa bahaya vertigo sentral lainnya adalah sebagai berikut:

  • Abnormalitas pergerakan mata (nistagmus)
  • Gangguan saraf
  • Penurunan kesadaran
  • Kematian

Melihat bahaya yang ditimbulkan, maka tidak ada alasan untuk menunda memeriksakan diri ke dokter apabila Anda mengalami gejala-gejalanya.

Penyebab  Vertigo

Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab seseorang mengalami vertigo, bisa karena masalah pdaa telinga atau sistem saraf.

Beberapa kondisi yang dimaksud adalah:

  • Penyakit Meniere
  • Labyrinthitis
  • Vestibular neuritis
  • Kolesteatoma
  • Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV)

Selain itu, ada sejumlah faktor risiko yang turut memengaruhi seseorang mengalami vertigo, yaitu:

  • Cedera kepala
  • Riwayat operasi telinga
  • Multiple sclerosis
  • Neuroma akustik

Cara Mengatasi Vertigo

Cara mengatasi vertigo disesuaikan dengan kondisi medis yang menyertainya. Akan tetapi, sebagai langkah penanganan awal, Anda bisa melakukan sejumlah cara berikut ini:

  • Banyak minum air putih
  • Beristirahat sejenak
  • Mengendalikan asupan garam ke dalam tubuh (khusus untuk vertigo akibat Meniere)

Setelah itu, Anda bisa segera memeriksakan diri ke dokter guna mendapat penanganan medis lebih lanjut seperti rehabilitasi vestibular dan sebagainya.

Itu dia informasi mengenai bahaya vertigo yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan diri Anda, ya!

 

  1. Anonim. Vertigo. https://www.webmd.com/brain/vertigo-symptoms-causes-treatment#1 (Diakses pada 2 April 2020)
  2. Anonim. Types of Vertigo. https://www.webmd.com/brain/types-of-vertigo#2 (Diakses pada 2 April 2020)
  3. Bradford, A. 2016. Vertigo: Symptoms, Causes, and Treatment. https://www.livescience.com/54885-vertigo.html (Diakses pada 2 April 2020)
  4. Krause, L. 2017. Vertigo and Vertigo-Associated Disorders. https://www.healthline.com/health/vertigo#causes (Diakses pada 2 April 2020)
  5. MacGill, M. 2019. Vertigo. https://www.medicalnewstoday.com/articles/160900 (Diakses pada 2 April 2020)
  6. Marill, K. 2018. Central Vertigo Clinical Presentation. https://emedicine.medscape.com/article/794789-clinical (Diakses pada 2 April 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi