Terbit: 7 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selain tindik di telinga, Anda tentunya sudah tidak asing dengan tindikan di hidung. Bisa dikatakan bahwa tindik hidung merupakan tindik yang populer setelah tindik telinga. Tindik hidung bukan hanya sebuah trend, namun juga merupakan budaya di beberapa negara. Bahkan praktik tindik hidung sudah ada jauh sebelum masehi.

7 Bahaya Tindik Hidung bagi Kesehatan yang Wajib Anda Tahu!

Terdapat tiga spot pada hidung yang umumnya ditindik yaitu pada cuping hidung atau nostril, dinding hidung yang memisahkan kedua lubang hidung atau disebut juga sebagai septum, atau pada kulit atas hidung yang ada di antara kedua mata. Proses penyembuhan dari ketiga spot tersebut juga berbeda-beda.

Penyembuhan tindik bagian nostril biasanya membutuhkan waktu 8 hingga 18 minggu, sedangkan pada septum membutuhkan waktu 6 hingga 12 minggu. Penyembuhan tindik di hidung bagian atas tidak membutuhkan waktu terlalu lama, karena pada bagian tersebut tindik hanya menembus kulit dan tidak menembus bagian tulang rawan.

Bahaya Tindik Hidung

Berbeda dengan tindik di cuping telinga, tindik hidung memiliki berbagai risiko yang perlu Anda waspadai. Meskipun mempercantik penampilan, namun tindik hidung juga bisa berbahaya bagi kesehatan. Hal ini disebakan karena banyaknya syaraf dan juga adanya tulang rawan pada hidung.

Berikut adalah bahaya tindik hidung yang perlu Anda ketahui sebelum Anda menindik hidung Anda!

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

1. Pendarahan dan Pembengkakan

Bahaya tindik hidung yang pertama adalah timbulnya pendarahan dan pembengkakan pada hidung. Umumnya hal ini memang terjadi ketika awal menindik hidung dan hidung yang membengkak akan kembali normal dalam hitungan hari. Namun jika hal ini terjadi lagi beberapa waktu setelah tindik hidung yang ditindik.

2. Timbul Luka dan Infeksi

Bahaya tindik hidung selanjutnya adalah hidung jadi rentan terhadap gesekan dan juga jadi lebih mudah terinfeksi. Maka dari itu, menjaga kebersihakn area hidung yang sudah ditindik mejadi hal yang sangat penting.

3. Matinya Jaringan pada hidung

Tindik hidung juga berpotensi untuk menimbulkan kerusakan jaringan pada bagian yang ditindik sehaingga menimbulkan nekrosis atau matinya jaringan. Kondisi ini nantinya bisa memicu masalah kesehatan lainnya yang lebih serius. Selain merusak jaringan pada hidung, tindik hidung juga bisa menyababkan kerusakan syaraf.

4. Alergi

Bahaya tindik hidung selanjutnya adalah dapat menimbulkan reaksi alergi. Hal ini biasanya terjadi akibat ketidakcocokan terhadap alat yang digunakan untuk menindik hidung. Selain alergi terhadap alat yang digunakan, Anda juga bisa alergi terhadap anting atau cincin yang Anda pasang di hidung Anda.

baca juga : Amankah Melakukan Tindik pada Alat Kelamin?

5. Infeksi Penyakit Berbahaya

Bahaya tindik hidung selanjutnya adalah risiko tertular berbagai penyakit seperti Hepatitis B, Hepatitis C, Tetanus, hingga HIV. Hal ini bisa terjadi akibat penggunaan alat tindik secara bergantian tanpa memerhatikan steril atau tidaknya alat tersebut.

6. Abses

Abses atau dikenal juga dengan bisul juga merupakan salah satu efek samping yang sering muncul setelah melakukan tindik hidung. Posisinya yang mungkin berada dalam hidung bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa sakit setiap kita menyentuh hidung.

7. Nasal Trauma

Bahaya tindik hidung yang ketujuh adalah timbulnya nasal trauma. Nasal trauma adalah cedera hidung yang disebabkan oleh cedera eksternal maupun internal pada hidung. Gejala nasal trauma sangat beragam mulai dari yang ringan hingga yang parah meliputi mimisan, nyeri di sekitar hidung, keluarnya cairan bening dari hidung, memar di area mata, area hidung bengkat, hilangnya penciuman, hingga kesulitan bernapas melalui hidung.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Tindik Hidung

Tindik hidung memang memilki berbagai risiko untuk kesehatan, tetapi pada praktiknya, banyak juga tindik hidung yang berhasil dan tidak memberikan efek samping sama sekali pada pelakunya. Maka dari itu, perhatikan hal berikut ini sebelum Anda menindik hidung:

  • Pastikan Anda memahami setiap bahaya dan efek samping yang akan terjadi dan mengerti bagaimana cara penanganannya.
  • Tindik hidung harus dilakukan oleh ahli dan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan alat. Jangan lupa juga memastikan alat yang digunakan steril dan tidak akan membuat Anda alergi.
  • Pahami cara merawat hidung yang sudah ditindik agar Anda dapat terhindar dari segala macam bahaya yang bisa menimbulkan infeksi.
  • Penggunaan sembarang perhiasan juga bisa menimbulkan infeksi pada area tindik.
  • Hindari menggunakan produk-produk wajah yang bisa masuk ke lubang tindik dan menyebabkan infeksi. Terutama ketika luka tindik belum benar-benar sembuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi