Inilah Bahaya Tidur Memakai Bra

Doktersehat-bahaya-tidur-memakai-bra

DokterSehat.Com – Sebagain besar wanita lebih merasa nyaman apabila tidur tidak memakai bra. Selain membuat lebih nyaman tentu hal ini juga dilakukan untuk menghindari dampak buruk yang ditimbulkan.

Mengingat dampak buruk yang bisa terjadi, oleh karena itu setiap wanita sebaiknya menggunakan pakaian yang longgar atau melepaskan bra saat tidur. Kenapa tidur tidak boleh pakai bra? Berikut ini adalah bahaya tidur memakai bra, di antaranya:

  1. Benjolan

Kista dan benjolan-benjolan non-kanker dapat dibentuk dalam setiap bagian dari tubuh. Dr John McDougall mengungkapkan, bahaya memakai bra saat tidur bisa menyebabkan peradangan yang pada akhirnya memungkinkan munculnya benjolan.

  1. Ancaman kanker

Bahaya tidur menggunakan bra bisa menyebabkan kanker masih menjadi perdebatan hingga kini. Satu sisi terdapat studi yang mengaitkan antara pemakaian bra saat tidur dengan kanker, akan tetapi terdapat studi lain yang mengungkapkan hasil yang berbeda terkait hal ini.

Pada akhirnya, bahaya tidur menggunakan bra bisa menyebabkan kanker masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Kanker payudara dapat terjadi ketika ada sel-sel pada payudara yang tidak tumbuh secara normal.

baca juga: 3 Cara Alami Membesarkan Ukuran Payudara

  1. Berkeringat

Mengenakan bra yang ketat saat tidur, terutama di musim panas, akan membuat Anda berkeringat lebih banyak dari biasanya. Umumnya bra mewah adalah penyebab dalam kasus ini. Bra yang lebih aman dan sehat adalah yang terbuat dari katun atau bahan sintetis seperti polyester atau linen.

  1. Edema (pembengkakan)

Jika Anda menggunakan bra ketat secara terus menerus, maka hal itu dapat menyebabkan penyumbatan limfatik. Ini termasuk edema atau akumulasi cairan di payudara. Pada kondisi yang normal, secara umum cairan tubuh yang terdapat diluar sel akan disimpan di dalam dua ruangan yaitu pembuluh darah dan ruang – ruang interstitial.

Apabila terdapat gangguan pada keseimbangan pengaturan cairan tubuh, maka cairan dapat berakumulasi berlebihan di dalam ruang interstitial sehingga menimbulkan edema.

  1. Gelisah

Bahaya tidur memakai bra juga bisa membuat gelisah di malam hari akibat iritasi yang ditimbulkan. Tentu hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan selama tidur dan pada akhirnya akan memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan.

  1. Iritasi kulit

Bra ketat akan menyebabkan iritasi kulit, oleh karena itu lebih baik menggunakan bra tanpa kawat. Sport bra dianggap sebagai pilihan yang baik untuk dipakai pada malam hari, bra ini akan memberikan dukungan yang diperlukan untuk payudara Anda tanpa menimbulkan efek kesehatan.

  1. Tidur terganggu

Salah satu bahaya tidur menggunakan bra yang umum dialami adalah terganggunya waktu tidur. Tidak ada keraguan bahwa tidur yang baik memiliki hubungan langsung dengan tingkat kenyamanan di tempat tidur. Jika Anda mengenakan bra ketat, Anda akan merasa kurang nyaman sehingga hal ini mengganggu kualitas tidur Anda.

  1. Menghambat sirkulasi darah

Bahaya memakai bra saat tidur lainnya adalah mengurangi kelancaran sirkulasi darah. Mengenakan bra saat tidur dapat menjadi penghalang untuk sirkulasi darah. Ketimbang memakai bra yang ketat atau model push-up saat dipakai tidur, lebih baik memilih sport bra yang lebih nyaman.

baca juga: 3 Cara Alami Membesarkan Ukuran Payudara

Meski terdapat sejumlah risiko yang mengancam dari tidur menggunakan bra, manfaat dari menggunakan bra saat tidur juga tidak ada. Pendapat bahwa penggunaan bra dapat membuat payudara menjadi kencang dibandingkan mereka yang tidak memakai tidak terbukti secara ilmiah.

Sementara apabila Anda merasa lebih nyaman menggunakan bra saat tidur, maka gunakan bra yang sesuai dengan payudara sehingga Anda dapat tidur dalam posisi nyaman.

Guna mengetahui apakah bra yang Anda gunakan tepat atau tidak, cobalah cek apakah area payudara, bahu, atau punggung Anda mengalami kemerahan dan rasa sakit? Apakah ada bekas tali bra atau cup bra pada area tersebut? Jika iya, berarti saatnya Anda mencari bra yang baru.