Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComWaterproof makeup atau skincare memang lebih banyak diminati. Selain tidak luntur saat terkena air, daya tahan dan coverage dari produk-produk tersebut bisa dibilang mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Bahkan, Anda tidak perlu mengaplikasikan ulang produk-produk tersebut setelah beberapa jam pemakaian. Namun, menggunakan produk-produk waterproof ternyata juga memiliki efek samping yang belum banyak diketahui seperti berikut.

Bahaya Terlalu Sering Menggunakan Produk yang Waterproof

1. Menutup Pori-Pori

Banyak dari produk-produk waterproof yang menggunakan minyak sebagai bahan dasarnya. Tidak heran jika formula dari produk waterproof terbilang lebih kompleks dan berat saat diaplikasikan. Formula yang demikian, terutama yang berbahan dasar air kerap kali menyumbat pori-pori. Tidak hanya itu saja, waterproof makeup juga susah dihilangkan. Tidak heran jika formulanya kerap kali tertinggal dan justru menyumbat pori-pori. Tentu saja hal ini mampu memicu komedo, jerawat hingga breakout.

2. Memicu Alergi

Bahan-bahan yang terkandung pada produk waterproof ternyata kerap memicu terjadinya reaksi alergi dan iritasi. Tentu saja, pemakaian  produk waterproof secara berlebihan sangat tidak disarankan. Apalagi bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif atau pun oily yang mudah mengalami alergi.

3. Menyebabkan Penuaan Dini

Formula dari produk waterproof yang kerap menutup pori-pori kulit tentu saja menjadikan kulit tidak dapat bernafas. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu penuaan dini. Kulit yang tidak bisa bernafas akan mengalami penuaan sel lebih cepat. Tidak heran jika kulit akan tampak kusam atau bahkan muncul garis-garis halus di sekitar sudut-sudut wajah seperti mata dan bibir.

Menggunakan produk waterproof memang membuat riasan Anda tetap awet dan menempel meski terkena air. Namun, formula bahan di dalamnya ternyata juga menyebabkan sejumlah hal yang dapat mengancam kesehatan kulit. Maka dari itu, batasi pemakaian produk waterproof demi menjaga kulit tetap sehat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi