Terbit: 25 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu makanan yang paling digemari untuk dikonsumsi di malam hari adalah nasi goreng. Tak hanya nikmat, nasi goreng juga akan menghangatkan tubuh saat suhu udara malam hari cukup dingin. Hanya saja, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi nasi goreng terlalu sering karena bisa memicu dampak kesehatan yang tidak baik.

Bahaya Terlalu Sering Makan Nasi Goreng

Hal pertama yang akan terjadi jika kita mengonsumsi nasi goreng terlalu sering adalah kenaikan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kalori di dalam nasi goreng yang sangat tinggi. Bahan utama nasi goreng, yakni nasi, sudah memiliki kandungan kalori yang tinggi. Ditambah dengan pengolahannya yang digoreng dengan minyak, maka kandungan kalorinya tentu akan meningkat. Belum lagi dengan adanya tambahan lauk seperti telur, daging, atau bahkan kerupuk yang tentu memiliki kalori yang tidak sedikit.

Tak hanya bisa menaikkan berat badan, kerap mengonsumsi nasi goreng juga bisa memicu datangnya penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Hal ini disebabkan oleh minyak goreng yang dipakai untuk mengolah nasi goreng yang termasuk dalam minyak tak jenuh. Kandungan di dalam minyak inilah yang bisa memperburuk kesehatan organ kardiovaskular.

Memang, nasi goreng memiliki rasa yang sangat enak, apalagi jika kita sudah menemukan nasi goreng langganan yang sesuai dengan selera kita. Namun, ada baiknya kita mulai menurunkan frekuensi mengonsumsinya dan selalu menerapkan pola makan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang.

Demi menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, pakar kesehatan juga meminta kita untuk rutin-rutin mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan mencukupi kebutuhan air minum setiap hari.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Kalau Sobat Sehat sering makan nasi goreng tidak?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi