Terbit: 2 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sering mengonsumsi suplemen vitamin E? Ada cukup banyak suplemen vitamin E yang mudah kita peroleh, sebagian besar menyebutkan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit wanita. Namun pastikan dulu seberapa perlu kita mengonsumsi vitamin E dari suplemen, karena asupannya yang berlebihan bisa membahayakan.

Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Vitamin E

Vitamin E termasuk vitamin larut lemak, di mana jika asupannya berlebihan maka vitamin tersebut akan disimpan dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan bahaya jika kita mengonsumsi vitamin E berlebihan, karena tentu kerja organ dan sistem tubuh bisa terganggu.

Menurut WebMd, konsumsi vitamin E lebih dari 400 IU setiap harinya bisa menyebabkan efek samping berupa gangguan pada tubuh yaitu:

  1. Meningkatkan risiko stroke hemoragik, hal ini disebabkan dosis vitamin E yang terlalu tinggi mampu menyebabkan otak mengalami pendarahan dan hal ini tentu akan diperparah dengan kondisi pencetus lainnya.
  2. Meningkatkan risiko kanker prostat, efek samping konsumsi vitamin E yang bersamaan dengan konsumsi multivitamin lainnya akan meningkatkan risiko pria mengalami kanker prostat.
  3. Beberapa kondisi lainnya yang muncul akibat konsumsi vitamin E berlebihan adalah mual, diare, gangguan perut, rasa lemas, sakit kepala, tatapan yang kabur, munculnya kemerahan pada kulit hingga pendarahan pada kulit.

Kebutuhan harian vitamin E orang Indonesia adalah 15-20 mg vitamin E yang tentu saja dianjurkan dari konsumsi bahan makanan segar, yaitu kacang-kacangan, serta minyak dari biji-bijan. Sebanyak 100 gram, setara dengan 6-8 sendok makan kacang tanah atau kacang kedelai telah mampu memenuhi kebutuhan vitamin E harian tubuh.

Vitamin E merupakan vitamin yang mendukung banyak fungsi organ tubuh, kini manfaat vitamin E sebagai anti-oksidan mulai banyak dilirik karena potensinya mampu mendukung pencegahan terjadinya gangguan pada sel tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Untuk mendapatkan manfaat tersebut tentu akan lebih baik jika kita mengonsumsi vitamin E secukupnya dan diperoleh dari bahan makanan segar, agar gangguan yang disebutkan di atas bisa kita hindari ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi