Ternyata Ini 5 Bahaya Sunblock Wajah yang Tak Disangka-sangka

sunblock-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Paparan sinar UV secara langsung dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulit seperti kulit yang terbakar, timbulnya gejala penuaan, hingga resiko kanker kulit. Maka dari itu, kita sangat disarankan untuk menggunakan sunblock wajah dan tubuh setiap saat keluar rumah.

Meskipun bertujuan untuk melindungi kulit, tetapi penggunaan sunblock wajah ternyata memiliki beberapa bahaya yang tidak disangka-sangka. Penggunaan sunblock atau sunscreen yang tidak sesuai dan juga kurang hati-hati dapat menyebabkan berbagai masalah di wajah.

Bahaya Sunblock Wajah

Berikut adalah 5 bahaya sunblock wajah yang perlu Anda waspadai:

1. Memperparah jerawat

Bahaya sunblock wajah yang pertama adalah dapat memperparah jerawat di wajah. Beberapa sunblock memiliki kandungan minyak yang tinggi dan tidak cocok digunakan untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat.

Khusus bagi Anda yang memiliki karakteristik kulit berminyak dan juga pori-pori besar juga patut waspada karena sunblock tersebut juga bisa memicu timbulnya jerawat. Pilihlah sunblock yang sesuai dengan karakteristik kulit Anda.

2. Merusak lapisan bibir

Masalah kedua akibat sunblock wajah adalah dapat rusaknya lapisan bibir. Sama halnya seperti krim wajah lainnya, kita sering kali mengapiikasikan krim wajah hingga ke bagian bibir.

Beberapa orang juga mungkin berpikir bahwa sunblock juga akan melindungi bagian bibir. Kulit bibir yang lebih sensitif akan bereakti terhadap kandungan bahan kimia yang cukup banyak jumlahnya pada sunblock.

3. Iritasi mata

Selain bibir, bagian mata juga merupakan bagian sensitif di wajah. Pengggunaan sunblock wajah bisa memicu iritasi mata jika Anda tidak menggunakannya dengan hati-hati. Jika sunblock mengenai bagian mata, segera bilas dengan air mengalir. Jika tetap muncul gejala iritasi seperti mata merah dan gatal, segera konsultasikan ke dokter.

4. Muncul reaksi alergi

Bahaya sunblock wajah selanjutnya adalah dapt menyebabkan reaksi alergi. Reaksi alergi akibat sunblock biasanya muncul akibat penggunaan sunblock yang tidak sesuai dengan jenis kulit atau akibat reaksi kulit yang sensitif terhadap beberapa bahan kimia pada sunblock. Jika muncul gejala seperti gatal, munculnya ruam merah, hingga mata berair, sebaiknya langsung hentikan penggunaan sunblock.

5. Efek pada rambut dan kulit kepala

Sunblock wajah juga memungkinkan area sekitar rambut kita terpapar oleh sunblock. Kandungan bahan kimia dalam sunblock dan juga tekstur sunblock yang terlalu kuat bisa menyebabkan gangguan pada area kulit kepala. Pastikan Anda mengaplikasikan sunblock dengan hati-hati dan tidak mengenasi bagian kulit kepala.

baca juga : Manfaat Sunblock Untuk Kulit

Tips Aman Menggunkanan Sunblock Wajah

Berikut tips aman menggunakan sunblock agar Anda dapat terhindar dari bahaya sunblock wajah di atas.

1. Perhatikan kandungan dalam sunblock

Beberapa bahan kimia yang telah diklaim berbahaya dan banyak terkandung dalam sunblock antara lain adalah oxybenzone, retinyl palmitate, octinoxate, homosalate, octocrylene, dan paraben. Jika sunblock mengandung bahan-bahan tersebut, lebih baik Anda hindari, terutama untuk sunblock yang akan Anda aplikasikan di wajah.

2. Sesuaikan sunblock dengan area tubuh

Sunblock atau tabir surya memang bisa melindungi seluruh area kulit kita, tapi setiap area tubuh tentunya membutuhkan sunblock yang berbeda. Jangan pernah mengaplikasikan sunblock tubuh ke wajah, karena kulit wajah lebih sensitif. Selain itu, jika ingin mengaplikasikan sunblock di bibir, pastikan Anda menggunakan produk tabir surya khusus untuk bibir.

3. Pilih sunblock sesuai dengan jenis kulit

Tips selanjutnya adalah memiliki sunblock sesuai dengan jenis kulit Anda. Bagi Anda yang memiliki kulit oily dan berpori-pori besar, pilihlah sunblock dengan formula oil-free dan juga tekstur yang lebih ringan seperti sunblock gel atau spray. Jika Anda memiliki kulit kering, sebaiknya memilih sunblock dengan tekstur krim atau lotion yang dapat membantu melembabkan kulit Anda.

4. Sesuaikan dengan kebutuhan

Anda memang disarankan untuk menggunakan sunblock setiap hari, namun harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika untuk pemakaian sehari-hari, Anda bisa mengggunakan produk pelambab wajah mengandung SPF. Saat ini sudah banyak produk pelembab dengan kandungan SPF 30 yang merupakan kandungan ideal SPF untuk perlindungan sehari-hari.

Perlindungan kulit yang salah bisa menyebabkan masalah yang lebih berbahaya bagi kulit. Selalu berhati-hati dalam memilih produk perlindungan tubuh dan jangan lupa untuk segera konsultasikan ke ahli jika timbul gejala yang tidak diinginkan.