Suka Makan Sayuran Mentah? Waspada Hal Ini

sayur-doktersehat
Photo Source: Flickr/avlxyz

DokterSehat.Com– Sayur dikenal luas sebagai bahan makanan yang sangat baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh tingginya nutrisi seperti vitamin dan mineral di dalamnya. Sayangnya, banyak orang yang salah saat mengolah dan mengonsumsi sayuran mentah sehingga bukannya mendapatkan manfaat kesehatan, ia justru mengalami keracunan.

Menurut US Center for Disease Control and Prevention, badan pengendalian dan pencegahan penyakit AS, disebutkan bahwa kasus keracunan sayuran mencapai 46 persen dari total kasus keracunan, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kasus keracunan daging dan unggas yang hanya 22 persen. Kebanyakan kasus keracunan sayuran ini disebabkan oleh mengonsumsi sayuran mentah. Sayuran mentah yang sering dikonsumsi dalam kondisi mentah adalah bayam dan selada segar.

Dr. Michael Doyle dari Georgia University menyebutkan bahwa meski terlihat segar dan sehat, bakteri di dalam selada ternyata cukup sulit untuk dibersihkan meskipun kita sudah mencucinya dengan bersih. Hal ini berarti, dengan mengonsumsinya saat masih dalam kondisi mentah, kita beresiko memasukkan bakteri penyebab keracunan dan penyakit lainnya ke dalam tubuh.

Banyak petani yang memakai pupuk dari kotoran hewan yang memang bisa membuat tanaman menjadi lebih subur. Sayangnya, pupuk ini juga bisa membuat sayuran terpapar bakteri-bakteri berbahaya. Jika kita tidak memasak sayuran-sayuran tersebut, maka dikhawatirkan bakteri ini akan masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan keracunan. Selain itu, pengemasan sayuran di dalam plastik yang tidak higienis sebelum sampai ke tangan pelanggan juga disebut-sebut menjadi penyebab keracunan lainnya.

Jika memang suka mengonsumsi lalapan atau sayuran mentah lainnya, pastikan untuk mencucinya dengan air yang mengalir dan kemudian merendamnya di dalam disinfektan khusus untuk membersihkan sayur.