Terbit: 8 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu makanan khas Indonesia yang dikenal luas memiliki cita rasa yang sangat nikmat adalah sate usus. Sayangnya, dibalik kelezatannya, sate usus dianggap sebagai salah satu penyebab masalah kolesterol tinggi dan asam urat.

Suka Makan Sate Usus? Waspadai Dampak Ini

Banyak orang yang tidak menyadari jika usus termasuk dalam jeroan, makanan yang kaya akan kandungan lemak jahat dan kolesterol. Sebagaimana jeroan lainnya, usus memang memiliki rasa yang enak. Sayangnya, jika kita mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak atau terlalu sering, maka kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa naik dalam waktu yang sangat singkat. Jika hal ini terjadi, maka risiko untuk mengalami penyempitan pembuluh darah yang bisa berimbas pada stroke atau serangan jantung juga meningkat.

Hal lain yang bisa kita dapatkan jika kita suka makan sate usus adalah meningkatnya risiko terkena asam urat. Sebagaimana kita ketahui, jeroan adalah salah satu jenis bahan makanan yang paling tinggi kandungan purin. Padahal, jika kita mengonsumsi purin terlalu banyak, maka risiko terkena asam urat juga akan meningkat.

Sering mengonsumsi sate usus juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan pencernaan. Meskipun berasal dari organ pencernaan unggas, usus yang cenderung memiliki tekstur yang keras dan sulit untuk dikunyah ini juga sulit untuk dicerna oleh perut. Usus juga dikhawatirkan masih memiliki kandungan bakteri berbahaya, apalagi jika usus ini tidak diolah hingga benar-benar bersih atau makan.

Agar tidak mudah terkena masalah kolesterol tinggi, asam urat, dan gangguan pencernaan, ada baiknya kita memang tidak sering mengonsumsi sate usus dan olahan usus lainnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi