Terbit: 16 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Agar lebih sehat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbaiki gaya hidup. Tak hanya dengan menerapkan pola makan yang lebih baik, rajin berolahraga, tidur cukup, dan menghindari berbagai hal yang bisa memperburuk kesehatan tubuh seperti rokok atau alkohol, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tidak menggunakan sofa di rumah. Apa alasannya?

Ingin Lebih Sehat, Jangan Gunakan Sofa di Rumah

Dilansir dari Mirror, pakar kesehatan Dr. James Levine menyebutkan bahwa tanpa kita sadari, memiliki sofa di dalam rumah, khususnya di ruang keluarga cenderung membuat kita tertarik untuk lebih banyak bermalas-malasan dan tidak bergerak. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kurang gerak bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan lainnya, Katy Bowman yang merupakan penulis buku berjudul Move Your DNA menyebutkan bahwa keberadaan sofa tanpa kita sadari mempengaruhi pikiran dan membuat kita lebih sering ingin bersantai saja. Kita pun menjadi lebih malas untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya.

Katy pun menyarankan kita untuk tidak menggunakan sofa atau kursi di dalam rumah. Meski terlihat aneh, duduk di atas lantai atau karpet ternyata lebih baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang cenderung lebih sering melakukan latihan seperti berjongkok, peregangan pinggang, dan menekuk lutut yang bisa membuat otot lebih banyak bergerak.

Jika kita cermati, banyak orang Jepang yang memiliki ruangan tanpa sofa atau kursi di rumahnya, termasuk di ruang tamu. Mereka duduk di lantai saat berkumpul bersama atau sekadar menonton televisi. Sebagaimana kita ketahui, orang Jepang dikenal luas sebagai orang yang sehat dan memiliki harapan hidup paling tinggi di dunia.

Memang, duduk di atas lantai atau karpet sepertinya kurang nyaman karena kita tidak duduk atau menyandarkan punggung pada permukaan yang empuk. Namun, kita akan menggerakkan tubuh lebih banyak sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi