Disengat Ubur-Ubur, Wisatawan Tewas di Pantai

ubur_ubur_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/frimages

DokterSehat.Com– Seorang wisatawan yang diketahui memiliki kewarganegaraan Swedia tewas saat berlibur di Pulau Langkawi, Malaysia. Penyebab dari kematian sang turis adalah tersengat ubur-ubur saat bermain di pantai.

Dilansir dari World of Buzz, insiden ini terjadi dekat dengan pantai Tanjung Rhu pada 27 Juni 2018 lalu. Pria berusia 60 tahun bernama Sohrabi Saeed berenang di pantai pada pukul 15.15. Sayangnya, ia tidak menyadari keberadaan ubur-ubur beracun di dekatnya sehingga tersengat. Meskipun sempat mendapatkan pertolongan pertama dari petugas yang ada di lokasi, Sohrabi mengalami komplikasi jantung dan kehilangan kesadaran.

Para petugas sudah mencoba untuk melakukan pertolongan pertama CPR namun tidak memberikan efek apapun kepadanya. Setelahnya, Sohrabi pun dinyatakan meninggal dunia. Jasadnya pun kemudian dibawa ke Langkawi Hospital. Sayangnya, belum jelas ubur-ubur jenis apa yang membuatnya sampai meninggal dunia.

Mengingat kita cukup sering berlibur di pantai dan bermain air laut, ada baiknya kita tidak lagi menyepelekan bahaya dari sengatan ubur-ubur. Jika sampai ada ubur-ubur yang terlihat ada di dekat dengan pantai, ada baiknya kita tidak bermain air terlebih dahulu dan menikmati suasana pantai saja. Jika kita sampai tersengat, pastikan untuk melakukan berbagai hal ini:

  • Segera keluar dari air laut.
  • Siram bagian tubuh yang tersengat dengan cuka selama 30 detik.
  • Hilangkan tentakel ubur-ubur dengan pinset.
  • Rendam bagian tubuh yang tersengat dengan air hangat bersuhu 40 hingga 45 derajat Celcius.
  • Segera hubungi petugas medis untuk mendapatkan pertolongan, apalagi jika kita mulai mengalami reaksi alergi dari sengatan ini.

Selalu berhati-hati saat berlibur, khususnya saat berada di pantai karena bisa saja kita tanpa sengaja diserang hewan yang berbahaya atau mengalami cedera.