Terbit: 17 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Beberapa wanita yang sedang berkumpul biasanya kerap membicarakan masakan hingga mencoba make up keluaran terbaru. Mereka juga akan saling mencoba maskara, eyeliner atau alat lain yang digunakan untuk mempercantik wajah khususnya area mata agar lebih tajam atau menarik untuk dilihat.

Bahaya Saling Pinjam Maskara dan Eyeliner untuk Kesehatan Wanita

Oh ya, tahukah Anda kalau saling meminjamkan  maskara atau eyeliner cukup berbahaya untuk kesehatan?

Bahaya saling meminjamkan alat kecantikan
Maskara atau eyeliner digunakan pada area mata dan menyentuh kulit yang ada di sana. Bagian itu kadang memiliki banyak bakteri atau virus yang cukup berbahaya. Kalau mereka yang memakai alat menjaga kebersihan mungkin tidak masalah. Namun, kalau kebersihan wajahnya tidak dijaga dengan baik, Anda berisiko terkena infeksi di area mata.

Beberapa gangguan yang bisa terjadi kalau sering memakai alat kecantikan secara bergantian adalah mata jadi merah, gatal, kerap berair, dan muncul belek. Hal ini akan bertahan selama beberapa minggu sebelum akhir sembuh setelah diberi pengobatan.

Mengingat bahaya saling bertukar alat kecantikan cukup besar, Anda tidak disarankan untuk salin bertukar alat kecantikan. Lebih baik membeli sendiri atau menggunakan yang sudah Anda miliki.

Cara menghindari bahaya saling meminjamkan alat kecantikan
Ada kalanya Anda tidak bisa membatasi aktivitas make up ketika berkumpul dengan teman atau saat berada di salon. Untuk itu, usahakan untuk membawa alat make up sendiri. Kalau tidak bisa, coba bersihkan dahulu alat kecantikan yang dimiliki teman atau tajamkan pensil eyeliner agar tidak ada bakteri atau lendir yang menempel.

Lebih lanjut, perhatikan tanggal kedaluwarsa pada kosmetik. Jangan gunakan kosmetik atau alat yang sudah tidak layak pakai. Terakhir, segera bersihkan wajah setelah make up digunakan dengan bersih agar kulit bisa bersih dan kemungkinan infeksi bakteri atau jamur bisa dihindari.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi