Terbit: 15 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang terobsesi dengan kebersihan sehingga terus berusaha untuk membersihkan ruangan atau tubuhnya setiap saat. Sebagai contoh, ada orang yang mencuci tangan dengan frekuensi yang sangat sering karena tidak ingin tubuhnya terpapar bakteri atau kuman penyebab penyakit.

Terlalu Bersih Ternyata Juga Bisa Berbahaya

Dilansir dari Star 2, pakar kesehatan Dr. Clayton Cowl dari Mayo Clinic ternyata menganggap kebiasaan untuk terobsesi dengan kebersihan justru bisa memicu dampak buruk bagi kesehatan paru-paru. Hal ini disebabkan oleh banyaknya paparan bahan kimia dari produk pembersih yang kita gunakan.

“Ada banyak sekali bahan kimia yang dipakai oleh produk pembersih rumah tangga. Meskipun bisa membuat penampilan rumah menjadi lebih bersih dan nyaman, bahan kimia ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh kita,” ucap Dr. Clayton.

Menurut sebuah penelitian, disebutkan bahwa mereka yang terlalu sering terpapar bahan kimia dari produk pembersih dalam waktu lama ternyata lebih rentan terkena penurunan fungsi paru-paru dengan signifikan.

Lantas, apakah berarti kita sebaiknya jarang-jarang membersihkan rumah dengan produk pembersih? Dr. Clayton menyebutkan bahwa asalkan kita menggunakannya dengan frekuensi yang wajar, dampaknya tidak akan begitu berbahaya bagi tubuh kita.

Dr. Clayton juga menyarankan kita untuk menggunakan produk pembersih yang memakai bahan alami atau lebih ramah lingkungan. Kita bisa dengan mudah mencarinya asalkan lebih teliti saat memilihnya. Selain itu, selalu pastikan untuk membuka ventilasi rumah saat dan setelah membersihkan rumah dengan memakai bahan kimia demi menurunkan paparan bahan kimia pada tubuh.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi