Muntah Hingga Keluar Cairan Kuning yang Pahit, Berbahayakah?

DokterSehat.Com– Karena beberapa kondisi kesehatan seperti masuk angin, kita bisa saja mengalami rasa mual hingga muntah-muntah. Tak hanya memuntahkan makanan yang baru saja kita telan, terkadang kita juga memuntahkan cairan dengan warna yang berwarna kekuningan dengan rasa yang sangat pahit. Sebenarnya, apakah hal ini bisa membahayakan kesehatan?

Pakar kesehatan menyebut muntah sebagai kondisi yang membuat isi di dalam perut dikeluarkan dengan paksa lewat mulut. Normalnya, setelah isi di dalam perut ini habis, maka muntah akan berhenti dan kita bisa merasa lebih lega. Hanya saja, dalam beberapa kasus yang lebih parah seperti keracunan makanan, kita akan terus muntah hingga mengeluarkan cairan berwarna putih atau kekuningan. Sebenarnya, cairan adalah sisa makanan yang sudah tercampur dengan asam lambung. Hal inilah yang membuatnya memiliki rasa yang sangat pahit.

Beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan muntah yang cukup parah ini adalah maag atau penyakit asam lambung, infeksi pada saluran pencernaan, peradangan atau penyumbatan pada usus, gangguan pada hati atau kantung empedu, stres, atau bahkan karena morning sickness saat hamil. Satu hal yang pasti, jika tubuh masih terasa tidak karuan meski kita sudah muntah cukup banyak, bisa jadi ada kondisi kesehatan serius yang harus segera diperiksakan ke dokter demi mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Demi menghindari sensasi mual atau muntah-muntah, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk selalu makan dengan teratur setiap hari dan sebaiknya menghindari kebiasaan telat makan atau bahkan melewatkan waktu makan. Jika memang perut cenderung mudah terasa tidak nyaman setelah makan, cobalah untuk makan dengan porsi yang lebih kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering.

Kita juga sebaiknya mulai menurunkan asupan makanan pedas, berlemak, bersifat asam, atau yang bisa menimbulkan produksi gas berlebihan di dalam perut karena bisa memicu rasa mual. Selain itu, jika memang perut kita cukup sensitif, ada baiknya tidak mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi atau minuman bersoda.

Keinginan mual atau muntah dengan parah bisa disebabkan oleh kebiasaan langsung berbaring saat tidur, mencium aroma yang menyengat, hingga akibat stres yang berlebihan. Pastikan untuk menghindari hal-hal tersebut agar tidak mengalami masalah kesehatan ini.