Jangan Minum Soda Saat Haus, Ini Bahayanya!

soda-diet-doktersehat
Photo Source: Flickr/nucastiel

DokterSehat.Com– Saat merasakan haus akibat suhu udara yang cukup panas, kita biasanya akan mencari minuman yang bisa menyegarkan tubuh. Salah satu dari minuman tersebut adalah minuman bersoda dingin. Sayangnya, pakar kesehatan menyebutkan bahwa terdapat bahaya minum soda saat haus.

DIlansir dari E-Med Expert, pakar kesehatan menyebut minuman bersoda memang bisa membuat rasa haus hilang sebagaimana cairan pada umumnya, namun minuman ini tidak mengatasi dehidrasi yang kita alami.

Saat berada dalam kondisi dehidrasi, air liur berada dalam kondisi yang sangat rendah. Padahal, salah satu fungsi utama dari air liur adalah membuat asam dalam minuman bersoda menjadi lebih netral. Hal ini berarti, setelah mengonsumsi minuman bersoda, besar kemungkinan mulut akan menjadi lebih asam.

Kandungan sirup dalam soda juga akan membuat mulut menjadi kering dan akhirnya membuat rasa haus kembali muncul. Ditambah dengan adanya kandungan kafein dan gula yang cukup tinggi, maka tubuh akan mengalami efek diuretik yang akhirnya menguras cairan di dalam tubuh melalui proses buang air kecil yang lebih sering terjadi.

Jika sampai tubuh kekurangan cairan, maka berbagai sistem dan organ di dalamnya tentu akan mengalami gangguan fungsi. Sebagai contoh, ginjal akan terbebani dengan kondisi ini dan akan lebih rentan mengalami kerusakan.

Rasa minuman bersoda yang manis juga akan membuat kita ketagihan dan merasa seperti ingin terus mengonsumsinya. Masalahnya adalah tingginya kadar gula yang ada di dalam minuman ini akan membuat kita lebih rentan mengalami kenaikan berat badan dan risiko diabetes.

Melihat adanya fakta bahaya minum soda saat haus, pakar kesehatan pun sangat tidak merekomendasikan kita untuk mengonsumsi minuman bersoda saat merasa haus atau ingin merasakan kesegaran demi mengatasi suhu udara yang panas. Bahkan, meskipun minuman ini berlabel soda diet, pakar kesehatan tetap tidak merekomendasikannya.

Jika ingin mengatasi rasa haus, ada baiknya kita mengonsumsi air putih karena bisa menyegarkan tenggorokan dan mengatasi dehidrasi dengan lebih efektif. Jika ingin merasakan sensasi segar, kita bisa menambahkan es pada air putih tersebut.