Bahaya Minum Obat Tanpa Air Putih

pil_tablet_obat_doktersehat_1
Photo Source: Fickr/calliope

DokterSehat.Com– Banyak orang yang memilih untuk minum obat dengan menggunakan pisang atau roti alih-alih menggunakan air putih. Biasanya, cara meminum obat ini dilakukan demi menghindari rasa pahit dari obat-obatan ini yang tentu akan masih terasa jika kita meminum air putih.

Sayangnya, menurut pakar kesehatan cara ini ternyata bisa berimbas kurang baik bagi kesehatan.

Dilansir dari Times of India, jika kita menelan obat tanpa minum air, maka dikhawatirkan bagian kerongkongan bisa mengalami kerusakan atau luka. Hal ini disebabkan oleh obat yang cenderung memiliki tekstur keras yang tentu mampu memicu robekan pada kerongkongan kita.

Selain itu, hal ini juga akan bisa memicu iritasi pada kerongkongan. Jika sampai kita sering melakukannya, maka risiko untuk mengalami pendarahan atau bahkan rasa nyeri pada ulu hati bisa meningkat.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kerongkongan kita tidak memiliki saraf yang bisa membuat kita mengalami rasa nyeri atau sakit. Selain itu, bagian esophagus pada kerongkongan juga hanya terdiri dari jaringan bertekstur halus yang mudah terluka jika sampai ada pil yang tersangkut.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Turkish Journal of gastroenterology, disebutkan bahwa mengonsumsi berbagai jenis obat tanpa air minum bisa membuat kita lebih rentan terkena luka pada kerongkongan, bahkan, jika kita sering mengonsumsi vitamin C yang dikunyah terlebih dahulu juga bisa memicu hal yang sama.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tetap meminum air tatkala minum obat. Jika kita memang ingin menghindari rasa pahit, minumlah air setelah mengonsumsi pisang atau roti yang bisa membantu kita menelan obat. Selain itu, jangan minum obat dengan posisi berbaring karena bisa membuat kita lebih rentan tersedak.