Bahaya Minum Air Saat Makan Donat

donat_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/mbrochh

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan donat? Meskipun dianggap sebagai camilan yang tidak sehat karena bisa menaikkan berat badan, kelezatan donat sangatlah sulit untuk ditolak. Kita memang sebaiknya membatasi asupan camilan berbentuk bulat dengan lubang di tengah ini.

Selain itu, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tidak minum air saat makan donat. Apa alasannya?

Kita cenderung mengonsumsi air saat makan donat karena lidah terasa enek akibat sensasi manis yang sangat terasa. Tak hanya berasal dari bahan utamanya, yakni terigu, topping donat yang bisa berupa cokelat, selai, dan rasa-rasa lainnya juga bisa membuat kita enek sehingga kita pun ingin minum air demi membuat lidah kembali terasa netral.

Sayangnya, jika kita melakukannya maka risiko untuk mengalami kenaikan kadar gula darah cenderung meningkat dengan signifikan. Dilansir dari Daily Mail, para peneliti yang berasal dari Suriname menemukan fakta bahwa partisipan yang mengonsumsi satu buah donat sambil minum air cenderung memiliki kadar gula darah lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi dua buah donat namun tidak minum air.

Yang menjadi masalah adalah jika sampai kadar gula darah meningkat dengan signifikan, maka risiko terkena diabetes dan obesitas juga ikut naik.

Menurut para peneliti, minum air saat makan donat bisa membuat proses penyerapan gula jauh lebih cepat. Glukosa pun kemudian akan lebih cepat memasuki jaringan tubuh sehingga membuat kadar gula darah meningkat.

Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk tidak minum air tatkala mengonsumsi makanan manis demi mencegah datangnya kenaikan berat badan dan diabetes.