Bahaya Mineral Oil untuk Kulit yang Wajib Anda Ketahui

Kulit-Cantik-doktersehat
Photo Credit: Flickr.Com/ Anibal Toro

DokterSehat.Com– Kandungan minyak pada beberapa produk perawatan kulit maupun kosmetik tidak hanya berfungsi sebagai emulsifier. Namun, sebagai bahan pelembab yang menjaga kelembapan kulit. Namun, tidak semua jenis minyak yang terkandung pada produk perawatan kulit atau pelembab aman bagi kesehatan kulit Anda. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah mineral oil. Dilansir dari laman Be Well, mineral oil merupakan hasil distilasi dari minyak bumi yang tidak berwarna mau tidak berbau. Kendati banyak digunakan pada berbagai macam produk, ternyata mineral oil memiliki sejumlah efek buruk.

Photo Credit: Flickr.Com/Anibal Toro

1. Mengandung Zat Beracun

Salah satu alasan mengapa Anda harus menghindari produk yang mengandung mineral oil adalah kandungan di dalamnya. Bahan ini memiliki kandungan zat beracun yang dapat memicu munculnya sel kanker. Kendati demikian, hal tersebut masih belum diketahui secara pasti jenis dari mineral oil manakah yang mengandung zat beracun.

2. Menyumbat Pori-Pori Kulit

Kendati melembapkan kulit, produk yang mengandung mineral oil di dalamnya berisiko tinggi menyumbat pori-pori kulit. Apalagi, seperti yang telah diketahui, tersumbatnya pori-pori kulit dapat memicu beragam masalah kulit. Mulai dari komedo hingga jerawat meradang. Hal ini lantaran mineral oil tergolong ke dalam bahan yang bersifat comedogenic atau menimbulkan komedo. Bahkan, mineral oil dapat menjebak bahan asing lainnya terperangkap di dalam pori-pori kulit.

3. Tidak Menutrisi Kulit

Mineral oil memang dapat melembapkan kulit, kendati demikian mineral oil tidak mengandung nutrisi. Tidak heran jika bahan ini tidak memberikan manfaat penting, terutama dalam menjaga kesehatan kulit. Bahkan, kelembapan yang dihasilkan dari pemakaian produk dengan kandungan mineral oil tidaklah optimal.

Mineral oil menjadi salah satu bahan yang kerap dicampurkan ke dalam produk skincare maupun kosmetik. Agar kulit tetap sehat, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkan produk yang mengandung mineral oil atau tidak.