Terbit: 2 Mei 2018 | Diperbarui: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Makanan manis memang menggoda selera segala usia. Mulai dari anak-anak hingga wanita dewasa, sulit untuk menahan diri dari godaan makanan manis seperti cokelat, es krim, dan cake manis lainnya. Amankah ibu hamil makan makanan manis?

Bahaya Mengonsumsi Makanan Manis Bagi Ibu Hamil

Efek Samping Ibu Hamil Makan Makanan dan Minuman Manis

Ibu hamil sebenarnya boleh makan apa saja yang disukainya asal dalam jumlah yang tidak berlebihan. Mengonsumsi makanan manis secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional, sebuah kondisi diabetes yang terjadi pada saat hamil. Jika tidak dikendalikan dengan baik, diabetes gestasional dapat membahayakan ibu dan bayi.

Ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional dapat membuat bayinya berisiko mengalami beberapa kondisi berikut ini, di antaranya:

1. Kelebihan berat badan dalam kandungan

Ibu hamil yang banyak makan makanan manis dapat berisiko memiliki bayi yang berukuran terlalu besar. Kondisi ini disebut makrosomia dan dapat menyulitkan persalinan. Beberapa ibu hamil mungkin akan menjalami operasi caesar jika ukuran bayi terlalu besar.

2. Persalinan prematur dan gangguan pernapasan pada bayi

Gula darah ibu hamil yang tinggi dapat menyebabkan persalinan prematur. Beberapa bayi yang lahir prematur umumnya mengalami gangguan pernapasan serta membutuhkan perawatan intensif selama beberapa bulan setelah kelahiran.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

3. Hipoglikemia pada bayi setelah lahir

Hipoglikemia adalah kondisi kadar gula darah rendah karena produk insulin yang tinggi setelah bayi lahir. Pada tingkat parah, kondisi ini dapat memicu kejang pada bayi.

4. Meningkatkan risiko diabetes

Ibu yang hamil dengan kondisi diabetes gestasional dapat berisiko melahirkan bayi dengan kondisi diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Mencegah diabetes gestasional saat hamil

Mengingat berbahayanya diabetes gestasional bagi ibu dan janin, maka sebaiknya ibu hamil menjaga asupan makanan dengan baik sehingga dapat mencegah terjadinya diabetes gestasional.

Cara terbaik adalah dengan menjaga asupan makanan yang masuk, menghindari nasi putuh, kentang, dan makanan tinggi lemak. Selain itu hindari pemanis buatan yang banyak ditemukan pada permen, minuman ringan, kue, es krim, dan makanan kemasan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi