Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Jika Anda sedang merasa tidak enak badan, misalnya flu, demam atau diare, maka ada baiknya Anda tidak perlu memasak atau mengolah makanan. Karena hal tersebut justru bisa memengaruhi kualitas makanan lo.

Bahaya Mengolah Makanan Saat Tubuh Sedang Tidak Fit

Umumnya kita merasa aman hanya dengan menggunakan masker saat tubuh sedang tidak fit. Akan tetapi US Departement of Health and Human Service menyebutkan bahwa mengolah makanan saat kondisi tubuh sedang tidak fit akan meningkatkan risiko keracunan makanan.

Perlu diketahui bahwa mengolah makanan yang dimaksud adalah sejak proses awal, yaitu menanam, memanen, distribusi makanan, pembelian, pengolahan atau pencucian bahan mentah, persiapan masak hingga penyajian makanan.

Beberapa hal yang dapat terjadi jika kita mengolah bahan makanan saat kondisi tubuh tidak fit, diantaranya:

– Makanan rentan terkontaminasi

Risiko terkontaminasi bahan makanan akan meningkat, utamanya jika selama proses pengolahan terdapat paparan bakteri patogen secara langsung, misalnya melalui cairan tubuh yang tidak sengaja menempel ke bahan makanan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

– Meningkatkan risiko adanya bakteri penyebab penyakit

Penyakit yang bisa terjadi akibat kontaminasi bakteri dengan makanan disebabkan adanya beberapa bakteri misalnya astroviruses, bacillus cereus, e. coli, hepatitis A virus dan salmonela.

Untuk itu penting bagi kita agar sebaiknya menghindari mengolah bahan makanan saat tubuh sedang sakit. Kondisi sakit yang sangat berisiko adalah yang menyebabkan kondisi muntah, diare, luka terbuka, demam, flu, bersin atau gangguan pada perkemihan.

Hal tersebut umumnya akan berbahaya apalagi jika kebersihan diri, yaitu tangan, bekas cairan atau bekas luka,tidak dijaga dengan baik. Meskipun sudah ditangani dengan baik, akan lebih baik jika kita menghindari saja mengolah makanan saat sedang sakit.

Nah, melihat bahaya yang disebutkan di atas, maka kini sebaiknya kita hindari mengolah makanan saat tubuh sedang tidak sehat ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi