Awas, Menggunakan Kondom Bekas Cuci Bisa Berakibat Fatal

doktersehat kondom dipakai berkali-kali
photo credit: Freepik

DokterSehat.Com– Bagi sebagian besar pasangan yang sudah menikah, tentunya ingin memiliki keturunan sebagai tanda bukti kasih sayang antar pasangan. Akan tetapi, tidak sedikit pula dari mereka yang ingin menunda keturunan dengan alasan fokus kerja atau ekonomi yang masih belum mapan. Oleh karenanya, mereka akan menunda dengan cara menggunakan alat kontrasepsi, salah satunya adalah kondom.

Kita semua sudah tahu, kondom merupakan alat kontrasepsi yang dianggap paling murah dan mudah digunakan serta ditemukan. Anda bisa membelinya di berbagai toko atau pasar swalayan secara bebas. Walaupun penggunaannya cukup mudah, nyatanya kondom dipercaya ampuh dalam menunda kehamilan jika digunakan secara tepat.

Akan tetapi, Anda juga harus memperhatikan cara penggunaan kondom yang baik dan benar, yakni jangan digunakan berulang-ulang. Artinya, kondom hanya bisa digunakan satu kali saja dan tidak diperkenankan dipakai kembali bahkan setelah dicuci dan dibersihkan sekalipun. Oleh karenanya, sebaiknya Anda selalu menggunakan kondom yang masih baru selama melakukan hubungan seks.

Sebuah penelitian di India mengungkapkan bahwa penggunaan kondom berkali-kali dapat merusak lateks walaupun tidak terlihat oleh mata. Hal tersebut dapat membuat kondom tidak berfunsi dengan baik dalam mencegah kehamilan. Akibatnya, kondom menjadi kurang efektif dalam mencegah kehamilan. Bahkan, kondom bekas pakai tersebut kemungkinan besar memicu risiko infeksi pada kelamin dan penyakin menular seksual.

Selain itu, kondom yang rusak dan sobek sebaiknya jangan dipakai. Lebih baik buang saja, sebab harga yang tersebut tidak sebanding dengan kesehatan Anda. Jangan lupa juga untuk memerhatikan tanggal kedaluwarsa kondom. Terakhir, selalu simpan kondom di tempat yang sejuk dan bersih agar terhindar dari berbagai infeksi maupun bakteri. Jika sudah melunak, maka kondom tersebut sudah tak layak pakai lagi yang artinya harus dibuang.