Wah, Ternyata Mengenakan Dasi Saat Kerja Bisa Turunkan Produktivitas

DokterSehat.Com– Sebagai pegawai kantoran, sudah menjadi keharusan dan sebuah etika untuk mengenakan pakaian yang sopan dan rapi. Salah satu budaya kita dalam bekerja adalah mengenakan dasi. Ya, apakah Anda juga demikian?

Mengenakan dasi memang hanyalah simbol yang nantinya akan mencerminkan diri kita. Sebab, dari cara berpakaian, sudah bisa menggambarkan bagaimana karakter dan kinerja orang tersebut. Maka dari itu, mengenakan dasi adalah salah satu kebiasaan yang tidal bisa dihilangkan dalam dunia pekerjaan.

Tapi, tahukah Anda bahwa ternyata mengenakan dasi juga bisa berdampak kurang baik bagi tubuh?

Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang sempat menghebohkan banyak orang. Pasalnya, penelitian yang dilakukan oleh ilmuan asal University Hospital Schleswig-Holstein, Jerman, menyebutkan jika berdasi adalah sebuah kebiasaan yang bisa menurunkan produktivitas kerja.

Lebih dari itu, penelitian yang telah dipublikasi ke dalam the Medical Journal Neuroradiology, mengungkap fakta bahwa penggunaan dasi bisa menghambat aliran pada vena otak. Alhasil, otak akan melemah kinerjanya sehingga membuat seseorang kurang produktif dalam berpikir.

Hal senada juga disampaikan oleh penelitian lain yang dikutip dari laman Livestrong, bahwasanya penggunaan dasi yang terlalu ketat bisa menyebabkan terjadinya serebrovaskular yang akan menghambat peredaran darah. Akibatnya, tak hanya otak saja yang terancam, tapi bagian tubuh lainnya. Bahkan, disebutkan juga jika kebiasaan ini bisa memicu datangnya stroke.

Tidak sampai di situ saja, ada satu lagi efek samping mengenakan dasi yang cukup mengkhawatirkan, yakni mengurangnya kemampuan mata secara bertahap. Oleh karenanya, hal ini menjadi perdebatan panas yang cukup kontroversional sehingga muncul adanya sebuah aturan di mana perusahaan tidak mewajibkan karyawannya mengenakan dasi.

Namun, walau banyak risiko yang dihasilkan, bukan berarti kita harus menghindari penggunaan dasi. Sebab, menggunakan dasi aman-aman saja jika tidak terlalu kencang dan tidak ada sensasi tercekik saat menggunakannya.