Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Air putih sering dianggap netral karena tidak memiliki banyak kalori. Hal ini yang sering membuat banyak orang merasa aman memberikan air putih pada bayi. Namun sebenarnya, hal tersebut bisa berbahaya buat bayi lo.

Bahaya Memberikan Air Putih Pada Bayi

Bayi dibawah enam bulan dianjurkan untuk mengonsumsi ASI saja, atau disebut ASI eksklusif. Hal ini tentu bertujuan untuk mendukung tumbuh kembang bayi di mana organ pencernaan bayi hanya bisa mencerna ASI saja. Asupan makanan lain, bahkan air putih saja, bisa menyebabkan gangguan pada bayi.

Menurut World Health Organization, beberapa gangguan yang bisa terjadi pada bayi jika diberi air putih adalah:

  1. Meningkatkan risiko diare

  2. Makanan yang masuk ke tubuh bayi harus makanan yang sudah steril, air putih sangat mungkin menjadi tidak steril untuk bayi dan pencernaannya. Hal ini tentu akan meningkatkan bayi mengalami kontaminasi bakteri yang bisa menyebabkan diare. Diare pada bayi tentu tidak diharapkan karena bisa menyebabkan berat badannya turun.

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

  3. Menyebabkan bayi kekurangan gizi

  4. Infeksi akibat adanya bakteri pada makanan atau minuman selain ASI, tentu akan membahayakan kondisi kesehatan bayi. Gangguan pada organ dan sistem tubuh bayi akan membuat bayi rentan sakit dan kekurangan gizi. Hal ini juga bisa pula dicetuskan oleh diare yang dialami bayi.

  5. Dapat mengganggu pemberian ASI eksklusif

  6. Bayi yang telah diberi air putih bisa jadi menolak atau kurang keinginanya untuk minum ASI, hal ini tentu juga berpengaruh pada produksi ASI ibu yang bisa berkurang jika bayi tidak minum ASI secara langsung. Kondisi ini tentu akan menyebabkan asupan gizi bayi dari ASI berkurang.

Pemberian minuman apapun pada bayi dibawah 6 bulan sama sekali tidak dianjurkan. ASI telah mampu memberikan kebutuhan air bagi bayi karena 80% unsur pembentuk ASI adalah air, dan ASI tentu akan memberikan asupan air yang cukup dan aman bagi bayi karena kebersihannya lebih terjamin.

Jika ingin memberikan minum pada bayi maka ibu bayi saja yang mencukupi kebutuhan air putih hariannya agar produksi ASI yang diberikan menjadi lancar.

Jadi, tidak perlu memberikan air putih pada bayi ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi