Bahaya Membekukan Kembali Es Krim di Kulkas

es-krim-doktersehat
Photo Source: Flickr/distillated

DokterSehat.Com– Saat cuaca sedang sangat panas, kita cenderung lebih tertarik untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang segar seperti es krim. Hanya saja, terkadang kita melakukan beberapa kesalahan saat menyimpan atau mengonsumsi es krim ini sehingga justru bisa membahayakan kesehatan tubuh. Seperti apakah kesalahan-kesalahan tersebut?

Dilansir dari Today, seorang dosen bernama Amreen Bashir dari Aston University yang ada di Birmingham, Inggris menyebutkan bahwa kebiasaan kita untuk membekukan kembali es krim yang sudah mencair di dalam kulkas bisa memicu keracunan makanan.

Biasanya, es krim ini adalah yang memiliki ukuran cukup besar sehingga tidak akan habis untuk dimakan sekali. Es krim ini kemudian tidak disimpan dengan benar, apalagi ditutup sehingga rentan terpapar bakteri seperti listeria yang bisa menyebabkan diare, sakit perut, mual-mual, hingga demam.

β€œEs krim yang sudah meleleh karena terpapar suhu ruangan penuh memiliki kandungan susu dan gula yang disukai oleh bakteri listeria. Jika kita membekukannya kembali dan memakannya di lain waktu, risiko terkena keracunan makanan meningkat,” ucap Amreen.

Kebiasaan lain yang tanpa kita sadari berbahaya bagi kesehatan adalah mengambil es krim dengan memakai sendok yang sudah dipakai untuk makan es krim. Hal ini juga bisa membuat es krim ini terkontaminasi bakteri. Karena alasan inilah ada baiknya kita menyiapkan sendok khusus yang dipakai untuk mengambil es krim ke wadah lainnya sebelum memakannya.

Pastikan untuk menutup kembali wadah es krim dengan rapat agar tidak mudah terpapar bakteri berbahaya.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria