Bahaya Memakai Make Up Kedaluwarsa!

doktersehat-maskara-bulu-mata

DokterSehat.Com– Perempuan terkadang tidak memerhatikan kapan dirinya pertama kali menggunakan alat make up atau perias wajah yang telah dibelinya, padahal itu merupakan salah satu kunci untuk mengetahui sampai kapan make up tersebut bisa digunakan.

Tidak sedikit wanita yang nekat tetap menggunakan kosmetik yang mereka miliki walaupun telah lewat tanggal kedaluwarsa, hal ini disebabkan oleh beberapa alasan seperti tidak adanya efek apapun yang mereka rasakan, menghemat pengeluaran, dan sebagainya. Bahaya kosmetik kedaluwarsa bisa jadi kandungannya telah berubah menjadi bersifat toxic alias beracun.

Salah satu ciri make up yang sudah kedaluarsa adalah dari bau dan warnanya yang sudah mulai berubah. Menggunakan kosmetik kedaluarsa dapat membahayakan kesehatan kulit, mulai dari gatal, iritasi, infeksi, hingga kanker kulit.

Tidak ingin bakteri, kuman ataupun reaksi kimia yang muncul pada make up kedaluwarsa tersebut tertempel di wajah cantik kamu, bukan? Apa yang terjadi jika memakai kosmetik kedaluwarsa?

Baca juga: 3 Tanda Bahwa Produk Kosmetik yang Anda Gunakan Harus Segera Diganti

Akibat Memakai Make Up Kedaluwarsa

Berikut akibat memakai make up kedaluwarsa yang perlu ladies ketahui:

  1. Alat tata rias yang dipakai pada mata semacam maskara, eyeliner maupun eyeshadow yang telah begitu lama sebagai tempat berkembangnya bakteri yang bisa mengakibatkan konjungtivitis yang mempunyai indikasi kemerahan, gatal serta bengkak pada mata.
  2. Lipstik, lip balm kedaluwarsa maupun lip gloss yang telah terlalu lama bisa mengakibatkan bibir kering, iritasi serta yang paling gawat ialah kulit bisa melepuh.
  3. Adapun kuas kotor yang dipakai bisa jadi tempat ideal bagi berkembang biaknya mikroorganisme yang bisa mengakibatkan herpes, kurap maupun impetigo yakni sakit menular yang menimbulkan kulit lecet-lecet.
  4. Begitupun pada beberapa make up wajah, dari bedak, foundation, blush on, maupun tata rias wajah lainnya yang telah terlalu lama bisa mengakibatkan gatal, iritasi, serta kemerahan kulit. Jangan pikir remeh iritasi semacam itu, sebab sejumlah kejadian iritasi adalah indikasi awal kanker kulit.

Tidak cuma tanggal kadaluwarsa make up, memakai alat tata rias yang kotor untuk mengaplikasikan bermacam produk make up pun bisa menjadi penyebab berkembang biaknya mikroorganisme berbahaya. Sebab itu, di samping melihat tanggal kedaluwarsa make up, penting juga untuk mencuci alat-alat make up. Tanggal kedaluwarsa bisa dihitung mulai Anda kali pertama membuka produk. Nah, berikut ini masa kedaluwarsa jenis-jenis kosmetik yang perlu ladies ketahui:

  • Jenis powder misal bedak dan eye shadow adalah 2 tahun
  • Cream shadows berkisar 12-18 bulan
  • Lipstik serta lip liner antara 1-2 tahun
  • Untuk make up brush bersihkan satu minggu sekali menggunakan deterjen
  • Make up spons ganti tiap minggu atau ganti saat spons telah kotor
  • Maskara berkisar 3-4 bulan
  • Eyeliner antara 3 bulan – 1 tahun tergantung dari perawatannya

Baca juga: Memakai Kosmetik Kedaluwarsa, Wanita Ini Mengalami Kebutaan

Ciri-Ciri Kosmetik Kedaluwarsa

Sebagian besar produk kosmetik akan mengubah warna dari waktu ke waktu dan menimbulkan bau tengik. Berikut adalah beberapa panduan tentang kapan harus membuang beberapa produk kosmetik yang sudah kedaluwarsa :

1. Lipstik

Lapisan lilin pada lipstik tetap bagus hingga satu tahun sebelum mulai mengering. Jika aroma berbau tengik, sudah pasti waktunya untuk dibuang. Lilin keras lipstik juga memiliki kecenderungan untuk menjebak dan sebagai tempat bakteri, jadi bukan ide yang baik untuk memberikan lipstik kedaluwarsa pada orang lain.

2. Lip gloss

Jika membersihkan lip gloss setiap hari, Anda bisa menyimpannya lebih lama, hingga setahun menurut beberapa ahli. Saat lip gloss terlihat kumal atau berbau, bersihkanlah.

3. Maskara

Anda biasanya ingin menghindari maskara selama lebih dari tiga bulan karena wadah gelap adalah tempat berkembang biak utama bagi bakteri. Lebih lama dari itu dan risiko infeksi mata seperti blepharitis dan mata merah (yang super menular) lebih besar. Ditambah, jika Anda memang mencoba menggunakannya, itu akan menjadi gumpalan pula.

4. Eye shadow

Serupa dengan maskara, semakin lama Anda menyimpan eye shadow, semakin besar kemungkinan menyebabkan infeksi pada mata. Agar aman, disarankan menjaga eye shadow selama tidak lebih dari enam bulan.

5. Blush & foundation

Produk berbasis krim tidak bertahan lama dalam bentuk serbuk. Biasanya, enam bulan atau satu tahun. Tanda-tanda biasanya adalah ketika mulai berbau aneh, retak, atau warnanya berubah.

Sebaiknya gunakan kuas dan spons bersih untuk mengaplikasikan riasan Anda, dan cucilah kuas setiap minggu. Juga, hindari menggunakan jari-jari Anda untuk mendapatkan produk dari wadah. Dan meskipun mungkin tergoda untuk berbagi kosmetik dengan teman atau anggota keluarga, lebih baik menyimpannya sendiri untuk menghindari kontaminasi.

Tips Memanfaatkan Kosmetik Kedaluwarsa

Kosmetik kedaluwarsa adalah hal yang disayangkan bagi para kaum perempuan. Tak perlu khawatir ladies! Jangan membuang kosmetik yang kedaluwarsa, Anda masih bisa menggunakan produk make up kedaluwarsa ini dengan cara yang aman, berikut caranya:

1. Maskara

Menggunakan maskara kadaluwarsa sangat tidak disarankan, tetapi Anda benar-benar masih bisa memanfaatkan spoolie favorit! Gunakan untuk mengelupas bibir atau merapikan alis!

2. Eye Shadow

Jika Anda sudah tahu waktunya eye shadow favorit Anda untuk dibuang ketika produk ini terkelupas dan kering. Tapi tunggu, eye shadow bisa menjadi cat kuku, lho! Campur eye shadow dengan cat bening untuk polesan baru.

3. Lip balm

Lip balm kedaluwarsa masih dapat digunakan untuk membuat sepatu berkilau! Cukup gunakan lip balm pada sepatu dan bersihkan untuk tambahan kilauan. Anda bahkan dapat menggunakan lip balm untuk memperbaiki ritsleting yang macet.

Baca juga: Kosmetik Ini Ternyata Sebaiknya Tidak Dipakai Setiap Hari

4. Skin toners

Sebagian besar toner mengandung alkohol sebagai bahan utamanya. Anda dapat menggunakan toner yang kedaluwarsa untuk membersihkan kaca, cermin atau bahkan layar ponsel Anda!

5. Minyak Wajah

Produk perawatan kulit yang kedaluarsa dapat menyebabkan banyak kerusakan pada kulit. Tapi Anda bisa membuat scrub sendiri dengan minyak ini, cukup campurkan dengan gula dan siap untuk mengelupas!

Nah, itu dia penjelasan bahaya kosmetik kedaluwarsa hingga tips memanfaatkan kosmetik kedaluwarsa. Semoga bermanfaat, ya, Ladies!